Lawan Corona, MABT Melawi Akan Lakukan Penyemprotan Disinfektan Massal

oleh
Warga Tionghoa Nanga Pinoh, Melawi, bersiap akan melakukan penyemprotan massal di tempat fasilitas umum untuk mencegah penyebaran virus corona

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Majelis Adat Budaya Tionghua (MABT) Melawi, Kalimantan Barat, akan melakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah ibadah dan fasilitas umum lainnya serta membagikan 500 sabun kepada masyarakat, khususnya masyarakat di Kota Nanga Pinoh, guna mencegah penyebaran wabah virus corona (Covid-19), Minggu (22/3/2020) pagi.

Ketua MABT Melawi, Taufik, menyampaikan, melalui bhakti sosial itu, MABT bekerja sama dengan Yayasan Mawar dan Badan Sosial Pemadam Bahaya Kebakaran (BS-PBK) Bhakti Mulia Melawi ambil bagian serius membantu Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Melawi dalam menangani penyebaran wabah Covid-19.

“Kami akan lakukan penyemprotan massal di rumah ibadah, sekolah, fasilitas umum, dan fasilitas lain yang bersentuhan dengan masyarakat. Penyemprotan ini juga di dukung Dinas Kesehatan Melawi dan pihak terkait,” kata Taufik, di gedung MABT Melawi, Sabtu (21/3/2020).

Ia mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Melawi. “Jadi ini salah satu upaya kita melakukan pencegahan, agar tidak tejadi penularan Covid-19,” tutur Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Melawi itu.

Taufik melanjutkan, pihaknya juga sudah melakukan berbagai langkah upaya untuk meminimalisir penyebaran virus corona di Melawi, seperti sosialisasi ke masyarakat menjaga pola hidup sehat dan menjaga kebersihan, rajin mencuci tangan dengan sabun, tidak keluar dari Melawi menuju daerah terpapar virus corona, hingga tidak mengunjungi tempat keramaian (umum) atau tetap isolasi diri di rumah.

Terkait dengan anggaran di bhakti sosial ini, Taufik mengungkapkan, merupakan dana hasil sumbangan dari berbagai warga Tionghoa di Nanga Pinoh, mulai dari sumbangan alat penyemprot (hand sprayer) 30 unit, bayclin, sabun dan sumbangan keperluan lainnya.

Taufik masih berharap kepada masyarakat, utamanya warga Tionghoa di Nanga Pinoh khususnya, agar memberikan bantuan tenaga maupun materil yang dibutuhkan saat pelaksanaan penyemprotan besok. Selain itu, ia juga berharap, ormas-ormas lainnya bisa melakukan hal yang sama untuk mencegah virus ganas tersebut berkembang di Melawi.

Ditempat yang sama, Ketua BS-PBK Melawi, Feby, menambahkan, upaya antisipasi penyebaran Covid-19 mematikan tersebut bukan hanya tanggungjawab pemerintah, namun, menjadi tanggungjawab seluruh masyarakat dengan berbagai upaya yang bisa dilakukan.

“Kita berharap, dengan disemprotkannya desinfektan di tempat fasilitas umum dan pembagian sabun dapat mencegah penyebaran virus corona, serta membuat masyarakat akan menjadi lebih tenang,” kata Feby.