214 Bakal Cakades se Melawi Ikuti Tes Tertulis Besok

oleh
Julita

MELAWINEWS.COM, Melawi – 200 Bakal Calon Kepala Desa (Cakades) mengikuti tes tertulis yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Melawi, Selasa (17/3) esok. Tes tertulis digelar karena pendaftar yang dinyatakan memenuhi syarat administrasi melebihi lima orang di tiap desa.

Kasi Kelembagaan dan Pengembangan Aparatur Desa pada DPMD Melawi, Julita, Senin (16/3) sore mengungkapkan ada 214 Cakades akan mengikuti tes tertulis.  “Ada 29 desa yang harus digelar tes tertulis bagi cakadesnya karena calon lebih dari lima orang,” terangnya.

Julita melanjutkan, Desa Batu Ampar menjadi desa dengan jumlah cakadesnya terbanyak, yakni 16 orang, kemudian Nanga Kompi, Kenual dan Lintah Taum dengan total 10 Cakades. Sementara, lanjut Julita, Nanga Pinoh menjadi kecamatan dengan desa terbanyak yang cakadesnya mengikuti tes tertulis. Ada enam desa di Nanga Pinoh diantaranya, Desa Sidomulyo, Paal, Tanjung Tengang, Kenual, Nanga Kebebu dan Desa Baru.

“Sedangkan Semadin Lengkong setelah penelitian berkas, Cakades yang ditetapkan PPKD hanya lima orang sehingga tak melalui tes tertulis. Begitu pula dengan puluhan desa lainnya yang jumlah cakadesnya tak melampaui lima orang,” ujarnya.

Terkait pelaksanaan tes tertulis, Julita mengatakan pelaksanaan tes tetap akan digelar di Gedung Serbaguna. Tes langsung diikuti seluruh calon kepala desa dalam satu sesi bersamaan. Durasi tes, masih belum diketahui karena tergantung pada tenaga ahli yang ditunjuk DPMD untuk menggelar tes tersebut.

“Tes dimulai pukul 09.00 WIB sampai selesai. Undangan juga sudah disebar ke seluruh panitia Pilkades serta calon,” terangnya.

Terkait mewabahnya Corona, Julita mengungkapkan hingga kini belum ada wacana untuk menunda tahapan Pilkades khususnya tes tertulis. Seluruhnya tetap akan berjalan sesuai dengan tahapan.