Persiapan MTQ ke-VIII Melawi Hampir Rampung

oleh
Foto bersama di depan tribun utama MTQ Desa Batu Nanta

MELAWINEWS.COM, BELIMBING – Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Melawi, H. Dadi Sunarya UY, meninjau arena tempat pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke VIII tingkat Kabupaten Melawi tahun 2020 di Dusun Merah Air, Desa Batu Nanta, Kecamatan Belimbing, Rabu (11/3) siang.

Pelaksanaan MTQ tersebut direncanakan akan berlangsung pada tanggal 24 – 28 Maret 2020 mendatang.

Dalam kunjungannya itu, H. Dadi Sunarya UY juga didampingi sejumlah pengurus LPTQ Kabupaten Melawi, Kepala Kantor Kemenag Melawi H. Abdulbar AF beserta jajaran, Bhabinkamtibmas Desa Batu Nanta dan pihak instansi terkait dari Pemkab Melawi.

Kedatangan Ketua LPTQ beserta rombongan disambut oleh panitia MTQ lokal desa setempat.

Menurut Ketua LPTQ Melawi, H. Dadi Sunarya UY, pihaknya turun ke lapangan ingin memantau secara langusung sejauh mana kesiapan tuan rumah melalui panitia kecamatan maupun panitia desa selaku tuan rumah.

“Tinggal menghitung hari, pelaksanaan MTQ ini akan kita lakukan, maka kita memastikan segala persiapan sarana dan prasarana yang akan digunakan selama MTQ sudah harus rampung jelang pembukaan,” kata Wakil Bupati Melawi itu.

Mengenai persiapan yang sudah dilakukan panitia MTQ kabupaten, kecamatan dan desa, lanjut Dadi, tengah melakukan berbagai perampungan, mulai dari persiapan arena utama sampai dengan tempat tinggal para kafilah dan juga dewan hakim serta juri.

Ia memastikan, melihat kondisi dilapangan saat ini terkait sarana dan prasarana pendukung MTQ yang dibutuhkan hampir rampung, maka akan selesai sebelum pembukaan MTQ dilakukan.

Dikatakan, mengenai pembangunan tribun utama dan astaka hingga WC sudah selesai, tinggal menyelesaikan pengecoran jalan masuk MTQ dan pemasangan meteran listrik di tribun.

“LPTQ sangat berterima kasih kepada panitia kabupaten kecamatan dan desa, lantaran telah mempersiapkan segala sesuatunya terkait kesiapan pelaksana MTQ ini dengan baik,” ujarnya.

“Atas kepedulian kerja keras semua pihak tersebut, kami dari LPTQ kabupaten memberikan aspirasi yang setingginya dan  mengucapkan terimakasih. Semoga MTQ ini terlaksana dengan lancar, aman, tertib dan sukses,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, satu panitia MTQ lokal desa, Petrus Bujang pun memastikan, sebelum perhelatan, semua persiapan akan rampung.

Saat ini, kata Petrus, pekerjaan pendukung MTQ hanya menyisakan pembangunan jalan masuk arena MTQ, pemasangan meteran listrik dan penimbunan sebagian lapangan MTQ. “Sedangkan pemukiman kontingen atau kafilah, dewan hakim dan juri sudah tersedia dan siap di gunakan,” papar Petrus.

“Kami pastikan semua pekerjaan pendukung MTQ akan rampung jelang pembukaan. Kita juga lembur untuk mempercepat penyelesaian pembangunan jalan ini. Tiang lampu tembak ke lapangan sudah bediri dan lampu sudah terpasang, tinggal menghidupkan saja. Mudah-mudahan berberapa hari ini meteran listrik sudah terpasang,” harap Petrus.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Melawi, H. Abdulbar AF, memberikan apresiasi kepada Pemkab Melawi, LPTQ dan segenap panitia MTQ yang telah menyiapkan segala kebutuhan MTQ termasuk anggaran.

Menurutnya, persiapan MTQ tingkat Kabupaten Melawi ini sudah hampir selesai, tinggal membenahi persiapan teknis saja.

“Insya Allah pelaksanaan MTQ ini akan berjalan sukses. Kita tetap optimis, bahwa perwakilan dari Kabupaten Melawi nantinya bisa menampilkan yang terbaik di pelaksanaan MTQ ke-XXVIII tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2020 yang akan dilaksankan pada 13 – 19 April 2020 mendatang di Kabupaten Sekadau,” ujarnya.

Ia menuturkan, melalui pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Melawi bisa menciptakan bibit-bibit unggul yang nantinya bisa masuk ke ajang kompetisi MTQ tingkat provinsi. “Tentunya agar apa yang kita harapkan Kabupaten Melawi mendapatkan juara di tingkat provinsi,” tuturnya.