Antisipasi Corona, RSUD Melawi Adakan Simulasi

oleh
RSUD Melawi melakukan simulasi pasien virus Corona

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Walau belum ada kasus Corona di Melawi, RSUD Melawi sudah bersiap menghadapi kemungkinan munculnya wabah virus tersebut. RSUD sudah menyiapkan perangkat dan ruang isolasi untuk penanganan awal.

“RSUD sudah memiliki Alat Perlindungan Diri (APD) standar. Dan dalam rapat koordinasi tadi juga rencananya akan diberikan 200 set APD termasuk pakaian, topi, masker N 95 serta pakaian yang seperti astronot itu,” kata Direktur RSUD Melawi, Sien Setiawan, Rabu (11/3).

Sien mengungkapkan RSUD Melawi juga telah menggelar simulasi penanganan pasien Corona beberapa waktu lalu. RSUD juga sudah menyiapkan tim dokter dan perawatnya, termasuk ruang isolasi serta lengkap alat APD dari masker, kacamata sampai sepatu.

“Supir ambulan pun sudah dilatih sehingga kami sudah siap menangani bila ada masyarakat yang terpapar virus Corona,” jelasnya.

Cuma, lanjut Sien, RSUD Melawi akan merujuk pasien Corona ke RSUD Sintang karena peraturan Menkes, di Kalbar, hanya tiga rumah sakit yang boleh merawat pasien Corona yakni RSUD Soedarso, RSUD Abdul Aziz di Singkawang serta RSUD Sintang.

“Jadi kalau ada pasien dari Melawi, maka kami langsung rujuk ke Sintang setelah diberikan pertolongan. Ini untuk yang suspect Corona,” katanya.

Karena, jelas Sien, untuk mendiagnosis pemeriksaan darah positif atau negatif Corona hanya bisa dilakukan di Jakarta. Seluruh sampel pasien harus dikirim ke ibukota. RSUD pun hanya menyiapkan ruangan untuk singgah sementara bagi pasien suspect Corona.