Warga Keluhkan Puskesmas Kota Baru Pindah, Gedung Lama Mubazir

oleh
Gedung Puskesmas Rawat Jalan Desa Suka Maju dan Mad Adipun

MELAWINEWS.COM, TANAH PINOH РWarga di daerah pinggiran Sungai Pinoh area Kecamatan Tanah Pinoh, Melawi, mengeluhkan aktivitas  fasilitas kesehatan Puskesmas Rawat Jalan yang berada di Dusun Kantor Hilir, Desa Suka Maju, pindah ke Puskesmas Rawat Inap yang baru di Desa Loka Jaya.

Mereka beralasan, Puskesmas yang berada di Desa Suka Maju tersebut sudah menjadi rujukan masyarakat untuk berobat. Selain lokasi strategis yang mudah dijangkau melalui transportasi air, juga dekat dengan pemukiman, utamanya warga yang bermukim pinggiran sungai.

Menurut salah seorang warga Kota Baru, Mad Adipun, pihak Puskesmas telah mengambil tindakan tidak wajar soal pemindahan layanan Puskesmas tersebut. Karena tanpa sosialisasi dan kompromi dengan pihak masyarakat serta pemerintah desa, sehingga warga yang mau berobat kebingungan mencari lokasi Puskesmas baru.

Dikatakan Mad Adipun, sebenanrnya warga lebih memilih mengakses Puskesmas yang lama ketimbang di wilayah Desa Loka Jaya, lantaran lebih dekat. Karena, lokasi Puskesmas yang baru dianggap cukup jauh dari warga pinggiran sungai.

“Puskesmas lama lokasinya sangat strategis, sebab jangkauan warga, baik itu melalui akses darat maupun transportasi sungai. Sekarang di pindahkan ke Desa Loka Jaya, yang jangkauan warga dari pinggiran sungai lumayan jauh,” ujarnya.

Yang parah lagi, lanjut Mad Adipun, gedung Puskesmas yang berada di Desa Suka Maju baru berapa tahun di bangun dengan fasilitas yang cukup lumayan, kini di tinggalkan begitu saja, sehingga terkesan mubajir.

Ia berharap, gedung Puskesmas yang lama kembali dimanfaatkan untuk fasilitas kesehatan atau rumah dokter atau perawat. “Kita juga berharap ada penambahan dokter di Puskesmas baru,” harapnya.