Banyak Raih Prestasi, Panji Apresiasi PKK Melawi

oleh
Bupati Melawi, Panji membuka Raker PKK Melawi

MELAWINEWS.COM, Melawi – PKK Melawi dianggap memiliki peran luar biasa dalam menjalankan program kerjanya. Tak sedikit program yang dibuat bersentuhan langsung dengan sosial ekonomi masyarakat. Peran pemberdayaan ini diharapkan terus dipertahankan dan semakin meningkat pada 2020 ini.

Hal tersebut disampaikan Bupati Melawi, Panji saat membuka Rapat Kerja PKK Melawi di Pendopo Rumah Jabatan Bupati, Selasa (28/1). Raker diikuti jajaran Tim Penggerak PKK di tingkat kabupaten hingga desa.

“PKK luar bisa dalam mengambil peran dan bagian. Bagamana menciptakan anak bangsa yang sehat, cerdas, berkarakter dan berkualitas. Karena kalau tak berkualitas, maka akan menjadi mangsa empuh dan jadi korban tindak tanduk tak terpuji,” katanya.

Panji mengatakan, banyak prestasi yang dicapai PKK Melawi dalam beberapa tahun terakhir. Mulai dari skala provinsi maupun bertaraf nasional. Dikatakannya prestasi tersebut didapat murni karena mau belajar dan bekerja.

“Karena kita tidak ada duit untuk beli juara. Gelar yang diraih karena PKK kabupaten dan kecamatan serta desa, turun langsung membina serta bekerja sama dengan pihak yang peduli dengan kegiatan PKK,” katanya.

Apalagi, lanjut Panji, banyak kegiatan PKK yang menyentuh langsung sosial masyarakat serta mengangkat harkat dan martabat masyarakat. Seperti berbagai kegiatan agar masyarakat peduli dengan kesehatannya. Bahkan, dengan intensitas kegiatan yang tinggi, Panji sempat berkelakar bila nantinya kegiatan pemerintah malah kalah dari PKK.

“Hanya kita tentunya sama-sama berjalan, dengan tuntutan dan program saat ini, kita juga dituntut ikut turun. Mengingat kegiatan PKK juga merupakan kegiatan yang dibutuhkan oleh masyarakat,” katanya.

Sementara itu,Ketua PKK Melawi, Nurbetty Eka Mulyastri Panji menjelaskan kegiatan Raker PKK akan membahas berbagai program yang akan dilakukan pada 2020 agar bersinergi antara PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa.

“Program unggulan kita pada saat ini yaitu fokus di penilaian tingkat provinsi untuk lomba kesehatan yang sudah dimenangkan tingkat kabupaten yaitu Desa Madya Raya untuk lomba posyandu, Desa Popai untuk lomba PHBS, serta Desa Nanga Nuak untuk lomba lingkungan bersih dan sehat dan Pkk Kecamatan Ella untuk lomba administrasi PKK,” ujarnya.

Selain itu, lanjut wanita yang biasa disapa Astri Panji ada pula program program yaitu penanganan stunting masih berjalan, kemudian keluarga yang sehat dan hebat menjadi program PKK berikutnya. Termasuk mengkampanyekan gemar makan ikan untuk anak anak.

“Karena pastinya kita ingin anak kita cerdas. Oleh karena itu peran orang tua terutama ibu untuk membiasakan anak anak kita makan ikan dibanding dengan makan daging daging olahan dan lain sebagainya,” ujarnya.

PKK Melawi juga mendorong satu desa satu PAUD yang holistik integratif dan bina keluarga balita karena kalau ibunya pandai membina keluarga dan mempunyai anak balita pasti anak balita itu akan tumbuh sehat. Selain itu, ada juga program satu desa satu produk unggulan.