DPMD : 111 Desa Siap Gelar Pilkades

oleh
Punti

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Melawi sudah mulai melaksanakan persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2020.

Antara lain, satu persiapan yang sedang berlangsung saat ini adalah desa yang ikut malaksanakan Pilkades sedang melakukan pembentukan Panitia Pilkades, sudah mencapai 90 persen yang sudah terbentuk.

Sekretaris DPMD Melawi, Punti, memastikan Pilkades serentak yang akan diikuti oleh 111 desa di 11 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Melawi akan dilaksanakan pada 20 April 2020 mendatang.

Dikatakan Punti, dalam pelaksanaan Pilkades nanti, pihaknya akan melakukan berbagai kesiapan, diantaranya launching dan sosialisasi.

Ia mengatakan, bahwa pembiayaan Pilkades bersumber dari APBD Melawi 2020 di pos DPMD. “Besaran anggaran yang tersedia, belum saya ketahui, karena belum melihat penjabaran APBD Melawi 2020 di DPMD,”ujar Punti, Jum’at (17/1).

“Anggaran tersebut akan digunakan antara lain untuk biaya persiapan, operasional panitia pemilihan di tingkat kabupaten dan desa, biaya pengadaan logistik Pilkades hingga biaya pengamanan,” ungkapnya.

Punti meminta kepada seluruh panitia Pilkades, untuk benar-benar memahami secara teknis mengenai pelaksanaan Pilkades, dan bersikap netral.

“Panitia Pilkades harus netral, dan mengerjakan tugasnya sesuai tupoksinya. Kepada seluruh calon Kepala Desa, agar menerima hasil apapun dalam Pilkades serentak ini, siap menang dan siap kalah,” tandasnya.