Buruh PT SBK Bakal Demo Terus, Sampai Tuntutan Dikabulkan

oleh
Buruh PT SBK akan terus menggelar unjuk rasa, jika tuntutan meraka belum dikabulkan

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Gelombang unjuk rasa buruh PT Sari Bumi Kusuma (SBK) belum juga berakhir.

Hari ini, Senin (13/1), ratusan buruh di base camp 35 Desa Belaban, Kecamatan Menukung, Kabupaten Melawi, Provinsi Kalbar, kembali menggelar unjuk rasa.

Sejumlah aparatpun tampak bersiaga dilokasi unjuk rasa. Buruh bakal terus menggelar unjuk rasa, jika tuntutan mereka tidak dikabulkan.

Aksi demo kembali digelar, lantaran belum ada kejelasan dari pihak PT SBK terkait sejumlah tuntutan buruh, diantaranya gaji buruh yang belum dibayar tiga bulan terakhir.

Kabag Ops Polres Melawi, Kompol Dedy F. Siregar mengatakan, bahwa dalam aksi tersebut buruh mengusung 6 tuntutan, sebagai berikut :

1. Menuntut pihak management pusat / Jakarta untuk menjelaskan situasi perusahaan saat ini, dan sampai kapan akan normal kembali sehingga tidak menimbulkan keresahan para pekerja;

2. Meminta perusahaan membayar gaji/upah tepat waktu sesuai dengan kesepakatan yang telah kita tanda tangani bersama dalam pasal 27 tentang pembayaran upah atau gaji;

3. Meminta pihak manajemen menghapus subsidi dapur dan karyawan dan membayar uang makan sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang ada;

4. Jika karyawan sudah memasuki usia pensiun,  Sementara pihak perusahaan masih mempekerjakan, sedangkan jika karyawan tersebut mengundurkan diri secara pribadi apakah pesangonnya dihitung dua kali atau tidak? Mohon penjelasan.

5. Meminta peruasahaan segera membayar iuran BPJS ketenagakerjaan dan kesehatan yang masih belum dibayar karna dampak negatif sangat dirasakan oleh karyawan;

6. Bagi karyawan yang telah berhenti bekerja supaya pihak perusahaan membayar hak karyawan tersebut paling lambat tiga bulan.

“Kami juga menyarankan, agar management perusahaan mendesak management pusat untuk segera mencari solusi penyelesaian masalah tersebut,” saran Siregar.

Pihaknya juga berharap adanya peran dari instansi terkait Disnaker Kabupaten Melawi dalam upaya penyelesaian permasalahan (tuntutan) karyawan yang terjadi selama ini.