Bupati Melawi Terima Penghargaan dari Menteri Agama

oleh

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Bupati Melawi menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah pendukung moderasi dan penguat fungsi penyuluh agama. Penghargaan ini sendiri diserahkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Melawi,Abdul Bar saat menyambut kedatangan jamaah haji di Terminal Bus Sidomulyo, Kamis lalu.

Abdulbar ditemui usai penyerahan penghargaan tersebut mengatakan penghargaan ini merupakan hal yang istimewa karena untuk Kalbar hanya ada dua kabupaten yang mendapatkan piagam tersebut.

“Jadi hanya Melawi dan Singkawang yang juga meraih piagam apresiasi dari Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin,” katanya.

Abdulbar melanjutkan, penghargaan tersebut menjadi program Menteri Agama tentang moderasi agama. Artinya keberadaan agama ini ditengah masyarakat tidak menjadi hal yang ditakuti. Moderasi ini sendiri, lanjutnya menjadi program unggulan Kemenag.

“Untuk proses penilaiannya kami sendiri juga tidak mengetahuinya karena dinilai langsung oleh pusat. Makanya saat proses seleksi penyuluh agama non PNS kebetulan Melawi mewakili Kalbar maka diberikan penghargaan itu oleh Menteri Agama kepada penyuluh non PNS dibawah binaan Kemenag dan Bupati,” ujarnya.

Penghargaan tersebut, kata Abdulbar menjadi bentuk apresiasi Menteri Agama pada kepala daerah yang sudah memberikan perhatian pada penyuluh agama, tak hanya
Islam, tapi juga bagi agama lain seperti Katolik, Kristen dan Budha.

“Artinya selain moderasi beragama, perhatian Pemda terhadap kegiatan keagamaan di Melawi dinilai cukup bagus,” jelasnya.