Melawi Tercepat Selesaikan Pemutakhiran IDM, Pj Berikan Penghargaan

oleh -63 views
Piagam penghargaan yang diraih oleh Kabupaten Melawi karena berhasil menjadi kabupaten tercepat dalam Pemutakhiran Indeks Desa Membangun tahun 2024

MELAWINEWS.COM-PONTIANAK-Pj Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), dr. Harisson, memberikan penghargaan kepada Kabupaten Melawi sebagai kabupaten tercepat dalam pemutakhiran Indeks Desa Membangun (IDM) 2024.

Penghargaan ini diterima oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Pemdes) Melawi, H. Hasan. Selain Kabupaten Melawi ada juga beberapa Kabupaten yang menerima penghargaan dari Pj Gubernur.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan oleh Harisson di sela-sela penandatanganan berita acara IDM tingkat Provinsi Kalbar yang berlangsung pada Selasa, 2 Juli 2024.

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas upaya dan kinerja Kabupaten Melawi dalam mempercepat proses pemutakhiran IDM, yang diharapkan dapat mendorong pembangunan desa yang lebih baik di masa mendatang.

Perlu diketahui bahwa data IDM merupakan salah satu dasar bagi Kementerian Keuangan untuk menetapkan pengalokasian Dana Desa.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Dana Desa, Alokasi Afirmasi untuk Desa Tertinggal dan Desa sangat Tertinggal dengan jumlah penduduk miskin (JPM) tertinggi sebesar 1% dan Alokasi Kinerja untuk Desa Berkembang, Maju dan Mandiri serta indikator lainnya sebesar 4% dari total Dana Desa.

Data IDM juga digunakan sebagai acuan perencanaan pembangunan Desa dan Perdesaan bagi Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Pemerintah Desa dan Pemangku Kepentingan lainnya.