BPBD Melawi: 7.964 KK Terdampak Banjir dan Rusak Fasilitas Umum

oleh -87 views
Jalan Nasional area Desa Sidomulyo, Kecamatan Nanga Pinoh terdampak banjir beberapa hari yang lalu

MELAWINEWS.COM, MELAWI – BPBD Kabupaten Melawi mencatat sedikitnya 29.371 jiwa terdampak banjir yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Melawi sejak 3-11 Maret 2024.

Kepala BPBD Kabupaten Melawi, H. Arif Santoso mengatakan korban terdampak banjir tersebar di 5 kecamatan yakni di Kecamatan Nanga Pinoh, Belimbing Hulu, Pinoh Utara, Ella Hilir dan Menukung.

Arif menyampaikan, pasca kejadian banjir, sebanyak 7.964 KK terdampak banjir yang tersebar pada Kecamatan Nanga Pinoh 2.673 KK, Belimbing Hulu 115 KK, Pinoh Utara 2.508 KK, Ella Hilir 662 KK, dan Menukung 2.006 KK.

“Total jumlah jiwa terdampak sebanyak 29.371 jiwa. Pada kejadian bencana banjir kali ini juga mengakibatkan 2 orang ditemukan meninggal dunia yang berasal dari Kecamatan Nanga Pinoh dan Menukung. Kini banjir sudah surut diseluruh wilayah terdampak bencana banjir,” ujar Arif Santoso, Jumat (15/3).

Lebih lanjut dijelaskan, bencana banjir juga mengakibatkan banyak fasilitas umum yang rusak, diantaranya jalan, kantor, terjadi gagal panen sawah, ladang dan kebun. Termasuk meluapnya kolam ikan masyarakat.

“Selain itu banjir juga merusak atau terjadi pembusukan pada bagian bangunan tertentu yang terbuat dari bahan kayu, seperti kantor/balai desa sekolah, masjid mushola, gereja dan bangunan fasilitas kesehatan,” pungkasnya.