Raih 5 Kursi di Pemilu 2024, PDIP Ambil Alih Jatah Wakil Ketua DPRD Melawi

oleh -495 views
Lima Caleg terpilih PDIP Melawi

MELAWINEWS.COM, MELAWI – PDI Perjuangan (PDIP) Melawi berhasil menorehkan prestasi dengan meningkatkan perolehan kursi di DPRD Melawi. Pada pemilu 2024 ini berhasil meraih 5 kursi atau naik 1 kursi dibandingkan pemilu 2019 lalu.

Dengan perolehan ini, PDIP berhasil menempati urutan kedua perolehan kursi di DPRD Melawi dengan total suara sah partai sebanyak 22.025 dari 4 Dapil yang tersedia. Hal ini berdasarkan Keputusan KPU Melawi Nomor 393/2024 tentang Penetapan Hasil Pemilu DPRD Melawi 2024.

PDIP sukses merebut 5 kursi yang terdiri dari 4 Dapil dan sudah dipastikan meraih jatah kursi Wakil Ketua 1 di gedung parlemen setelah mengumpulkan suara partai terbanyak kedua, yang sebelumnya dikomandoi Partai Amanat Nasional (PAN).

Lima Caleg anggota DPRD Melawi dari PDIP yang terpilih berdasarkan hasil perolehan kursi adalah melalui Dapil 1 meraih 1 kursi yakni Antonius Anen. Dapil 2 meraih 1 kursi atas nama Alexius.

Selanjutnya dari Dapil 3 berhasil mengoleksi 2 kursi atas nama Ogie Tadeo dan Abang Ahmaddin selaku mantan politisi senior Partai Golkar Melawi.

Kemudian dari Dapil 4 meraih 1 kursi diisi Caleg incumbent yakni Matius Rindau, yang juga mengoleksi suara tertinggi perseorangan sebanyak 3.097 suara.

Ketua DPC PDIP Melawi, Kluisen, mengaku sangat bersyukur dengan perolehan 5 kursi ini ada penambahan dari Pemilu 2019, meskipun masih kurang dari target.

Kluisen menyebut, partainya masih bisa menambah kursi melalui perjuangan yang amat berat, mengingat dinamika pemilu 2024 cukup menguras energi bagi PDIP.

“Saya selaku Ketua DPC PDIP menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pengurus dan kader partai, simpatisan dan masyarakat Melawi yang telah berjuang bersama dan memberikan kepercayaan kepada PDIP pada Pemilu 2024,” ujar Kluisen, Rabu (6/3).

Ditanya terkait siapa yang akan menduduki kursi Wakil Ketua DPRD Melawi Periode 2024-2029 dari PDIP nantinya, Kluisen mengatakan belum ditentukan oleh pihaknya.