Aksi Nekat Ibu-ibu Kuras Genangan Air di Jalan Rusak

oleh -70 views

MELAWINEWS-MELAWI – Ada pemandangan berbeda di ruas jalan Nanga Pinoh-Ella Hilir tepatnya di desa Semadin Lengkong kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi pada Senin (4/3) siang. Pasalnya ibu-ibu di desa itu melakukan aksi menguras kubangan air yang menggenang di jalan rusak.

Selain menguras air mereka juga membuat parit kecil untuk dialirkan ke tepi jalan. Peralatan yang mereka pergunakan serba sederhana dan manual karena hanya menggunakan cangkul dan ember.

Aksi ini dilakukan secara spontan oleh ibu-ibu di desa tersebut lantaran semakin hari genangan air semakin banyak apalagi memasuki musim penghujan. Kondisi ini membuat jalan semakin rusak dan susah dilalui.

Sebab nyaris semua badan jalan digenangi air. Selain itu kondisi jalan ini juga sangat licin bekas timbunan tanah yang sudah meluber kemana-mana.

“Kami inisiatif saja dengan ibu-ibu di sini. Karena memang sudah banyak yang jatuh saat melewati jalan tersebut,” kata Lenawati salah satu warga yang ikut dalam aksi tersebut.

Selain itu menurut Lena, jalan yang rusak tersebut juga merupakan jalan yang mereka lalui setiap hari khususnya saat ke ibu kota Nanga Pinoh.

“Mereka juga ada anak-anak yang sekolah setiap hari ke Pinoh, kasihan kalau sampai jatuh di lumpur, makanya kami inisiatif untuk menguras jalan itu supaya lebih mudah dilalui,” katanya.