Sukseskan Pemilu 2024, Dinkes Siapkan Posko Kesehatan di Tingkat PPK

oleh -99 views
Posko kesehatan UPT Puskesmas Pinoh Utara di Desa Manding atau di PPK Kecamatan Pinoh Utara

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2024 pada tanggal 14 Februari lalu khususnya di Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat, berjalan aman dan kondusif.

Tidak ketinggalan, kesiapan bidang kesehatan pun menjadi salah satu sektor yang perlu diperhatikan dalam perhelatan pesta demokrasi ini juga dipersiapkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Melawi melalui 11 UPT Puskesmas yang tersebar di 11 kecamatan di daerah itu.

Posko siaga kesehatan ini berdiri di sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), yang bertujuan untuk mengantisipasi apabila anggota penyelenggara pemilu, petugas keamanan maupun masyarakat terjadi kelelahan dan sakit, agar bisa segera ditangani.

Hal itu dikatakan Plt Kepala Dinkes Melawi, Ahmad Darmawan, S.Kp, Senin (19/2).

Ahmad Darmawan menjelaskan, pendirian posko ini dibentuk dalam rangka menjaga kesehatan para petugas atau penyelenggara pemilu 2024, termasuk personel pengamanan gabungan hingga masyarakat.

Menurutnya, dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan ini, para petugas maupun masyarakat yang diperiksa diberikan vitamin, dan obat-obatan yang dibutuhkan.

“Pendirian posko pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan selama tiga hari atau selama pleno berlangsung merupakan salah satu upaya Pemkab Melawi dalam hal ini Dinkes untuk mendukung dan menyukseskan pemilu 2024 ini,” ujarnya.

Ditambahkan, dengan adanya posko kesehatan ini dapat meminimalisir kejadian pada 5 tahun lalu, dimana banyak petugas yang kelelahan hingga jatuh sakit dan meninggal di beberapa daerah.