Mobil Ambulance Banyak Rusak, Bupati Dadi Upayakan Pengadaan Baru

oleh -206 views
Mobil ambulance milik Puskesmas di Kabupaten Melawi

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Mobil ambulance yang tersebar di sejumlah Puskesmas di Kabupaten Melawi tidak semuanya dalam kondisi baik. Lantaran sebagian mobil tersebut dari pengadaan yang berusia sudah tua. Akibatnya, mobil ini tidak layak lagi di pakai.

Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa pun memahami kondisi beberapa mobil ambulance tersebut kini banyak dalam kondisi rusak, hingga direncanakan dengan pengadaan yang baru.

Hal itu dikatakan Bupati Dadi di peresmian operasional Instalasi Rawat Jalan RSUD Melawi, Kamis (11/1/2024).

Menurut Dadi, peran mobil ambulance sangat lah urgen untuk memaksimalkan kinerja petugas medis di Puskesmas, terlebih jika masyarakat memerlukan ambulance.

“Jika ada pasien yang harus dirujuk ke rumah sakit. Kalau mobil tidak layak pakai, tentu pasien akan merasa dirugikan,” ujar Dadi.

Ia menyebutkan, mobil ambulance dari berbagai jenis yang ada saat ini di Puskesmas harus menjadi perhatian, kedepan membutuhkan pengadaan mobil baru.

“Karena mobil yang tersedia saat ini sudah lama dan kondisi rusak, termasuk mobil yang tergolong keluaran baru mengalami kerusakan,” tutur Dadi.

Bupati pun menginstruksikan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat untuk mengajukan anggaran pengadaan mobil ambulance tersebut.

“Terkait pengadaan mobil ambulance ini, nanti akan kita upayakan melalui jalur politik ke Pemerintah Pusat,” pungkasnya.

Menanggapi hal itu, Plt Kepala Dinkes Melawi, Ahmad Darmawan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Melawi yang terus mensupport Dinkes.

“Mobil ambulance memang sangat dibutuhkan warga. Oleh karena itu, kami akan mengusulkan pengadaan mobil tersebut sesuai dengan arahan Pak Bupati, sehingga kedepan pihak Puskesmas pun memiliki kendaraan medis yang layak,” ujar Ahmad Darmawan, Jumat (12/1/2024).

Dia menginformasikan, pada tahun 2024 ini Dinkes Melawi akan menerima pengadaan mobil ambulance sebanyak 2 unit bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Dikatakan, 2 unit mobil ambulance ini nantinya akan di prioritaskan bagi Puskesmas yang mobilisasi rujukan yang padat. Termasuk Puskesmas Kota Baru, sebab mobil ambulance yang ada saat ini mengalami kerusakan dan perlu di ganti.