Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak Bantu Tangani Stunting di Melawi

oleh -78 views
Sebanyak 28 mahasiswa Semester VII IKIP PGRI Pontianak tahun akademik 2022/2023 melaksanakan KKM Kabupaten Melawi

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Sebanyak 28 mahasiswa Semester VII IKIP PGRI Pontianak tahun akademik 2022/2023 melaksanakan kuliah kerja mahasiswa (KKM) sejak 22 Juli – 12 Desember 2023, berlokasi di 3 desa wilayah 3 kecamatan di Kabupaten Melawi.

Tiga desa yang menjadi pengabdian mahasiswa yang berkolaborasi dengan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat ini menyasar ke Desa Nusa Kenyikap Kecamatan Belimbing, Desa Nanga Kalan Kecamatan Ella Hilir dan Desa Tebing Kerangan Kecamatan Nanga Pinoh.

Dosen Pembimbing mahasiswa KKM wilayah Kabupaten Melawi, Kamaruzzaman, M.Pd mengatakan program yang dijalankan oleh mahasiswa adalah program Dapur Sehat (DASHAT) dan sosialisasi pencegahan stunting.

Menurut Kamaruzzaman, program ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian mahasiswa untuk membantu Pemerintah Daerah dan masyarakat terhadap pencegahan kasus stunting.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan KKM kepada masyarakat diantaranya sosialisasi pencegahan stunting yang di ikuti warga desa meliputi ibu hamil, balita, kader posyandu, BLT, Kades dan ibu-ibu PKK.

Kamaruzzaman menjelaskan, program DAHSYAT merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga beresiko stunting yang memiliki calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui dan balita stunting terutama dari keluarga kurang mampu.

“Adapun menu makanan dalam dapur sehat yaitu nugget ayam yang digoreng, dan daun kelor yang dimasak bening,” ujarnya, Rabu (10/1/2024).

Selain itu, lanjutnya, sosialisasi ke sekolah tentang pergaulan bebas dan pernikahan dini hingga pencegahan stunting anak usia dini, harapannya kelak menjadi generasi muda yang berkualitas, unggul dan menjadi generasi yang sehat dalam segi pertumbuhan.