‘Perang’ Baliho Caleg Menjamur, Apa Alasan Memilih Caleg? Terserah Anda

oleh -204 views
Ilustrasi baliho caleg

‘Perang’ Baliho Caleg Menjamur, Apa Alasan Memilih Caleg? Terserah Anda

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Pemilu 2024 kian mendekat, saatnya masyarakat menentukan sikap. Menentukan sikap ini bisa melalui alat peraga kampanye poster atau baliho calon anggota legislatif (caleg).

Kini ‘perang’ poster atau baliho bertebaran dimana-mana termasuk di media sosial dan itu sah-sah saja sebagai marketing politik.

Semua bagian poster dan baliho si caleg diisi wajah mereka dengan berbagai ekspresi. Sedikit bagian diisi kolom dengan petunjuk di nomor berapa nama mereka dalam urut partainya. Disisi lainnya tertulis sepenggal kalimat dan kata-kata klasik atau beberapa potong kata klise ajakan. Ya itu sah-sah saja lah.

Kita tentu kasihan melihat upaya caleg sedemikian rupa, mulai mengesampingkan harga diri sampai keluar banyak uang, juga kelelahan keliling hingga jungkir balik ke daerah pemilihan. Namun, lebih kasihanilah diri kita sendiri, sebab sebagai pemilih, kekurangan informasi tentang si caleg.

Kemudian, selain menentukan sikap melalui poster atau baliho, dalam memilih caleg masyarakat harus paham tentang kepribadian figur serta track record. Bagaimana karakternya, kedekatannya dengan masyarakat, dan rekam jejaknya.

Selain itu, masyarakat juga harus mengerti seberapa jauh keberpihakan partai yang mengusungnya pada masyarakat. Menariknya, pada pileg 2024 banyak wajah baru menghiasi daftar caleg.

Survey di lapangan, kini sebagian masyarakat sudah cerdas, tidak lagi terpengaruh dengan praktik politik uang. Jika hal itu dilakukan sang caleg, maka akan berdampak buruk kepada reputasi dan kinerjanya di kemudian hari.

Oleh karena itu, di pemilu 2024 nanti, masyarakat wajib mencari informasi caleg mana yang akan di pilih. Masyarakat harus memilih caleg yang berkarakter baik dan berjiwa sosial tinggi.

Selanjutnya, apa preferensi dan alasan memilih caleg? Terserah anda. (***)