947 Atlet Bertanding di Porkab Melawi ke-2

oleh -224 views
Prosesi pembukaan Porkab Melawi 2023

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI ) Melawi menggelar Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) ke-2 tahun 2023. Porkab resmi dibuka di halaman rumah jabatan Bupati Melawi, Selasa (5/12/2023).

Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus di dampingi Bupati Melawi Dadi Sunarya Usfa Yursa, Wakil Bupati Kluisen, Ketua KONI Melawi Abang Baharuddin beserta sejumlah tamu undangan membuka secara resmi gelaran Porkab, yang ditandai dengan penekanan sirene.

Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, membuka kegiatan Porkab
Defile atlet Porkab dari 11 kecamatan di wilayah Melawi mengawali prosesi pembukaan, diiringi pasukan Drumband SMPN 1 Nanga Pinoh.

Ketua Panitia Porkab, Siswanto, melaporkan adapun maksud dan tujuan kegiatan Porkab diantaranya meningkatkan prestasi atlet, menjaring bibit potensial dan memperkuat persatuan dan kesatuan melalui olahraga di Melawi.

Dalam kesempatan tersebut, Siswanto juga menyampaikan bahwa Porkab tahun 2023 ini melibatkan sebanyak 947 atlet, di ikuti 11 kecamatan, yang berlangsung sejak 1-11 Desember mendatang.

Sedangkan cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan adalah sepak bola, bola voli putra dan putri serta futsal putra putri.

Ia mengatakan, pertandingan semua cabor berlangsung di Nanga Pinoh. Sepak bola berlangsung di Stadion Raden Temenggung Setya Pahlawan, voli di komplek Kompi Senapan A 642 Kapuas, dan futsal dilapangan jusvin.

“Seluruh atlet, official dan pelatih sudah di asuransikan ke BPJS Ketenagakerjaan,” pungkas Siswanto.

Dalam sambutannya, Bupati Melawii Dadi Sunarya Usfa Yursa menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada KONI Melawi yang telah berinisiatif menggelar Porkab.

Menurut Dadi, kegiatan Porkab merupakan upaya untuk mencari atlet yang potensial berprestasi dan berbakat, sehingga akan menjadi aset dan kebanggaan masyarakat Melawi.

“Saya ucapkan selamat bertanding kepada para atlet. Junjung tinggi sportifitas, dan semangat untuk meraih prestasi,” imbuhnya.

Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, saat membuka kegiatan mengungkapkan sebagian orang menganggap olahraga hanya sebatas kesenangan atau kesehatan, namun olahraga bisa membangun masa depan.

Lasarus menyebut pelaksanaan Porkab ini dapat menjadi salah satu alternatif yang akan berperan sebagai wadah pembinaan olah raga yang dilakukan secara terukur dan berkesinambungan.

Ia juga mengungkapkan melalui Porkab ini akan terjaring atlit-atlit berprestasi untuk membawa nama harum Kabupaten Melawi baik ditingkat regional, nasional dan internasional.

“Saya berharap, momen Porkab ini dapat melahirkan atlet yang potensial dan terbaik. Saya juga berharap Porkab lebih mengedepankan persaudaraan dan persatuan. Kita tunjukkan bahwa kita atlet yang disiplin,” pesan Lasarus.

Ditemui usai kegiatan pembukaan, Ketua KONI Melawi, Abang Baharuddin menyampaikan Porkab ini selain ajang kompetisi, juga merupakan seleksi atlet untuk menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalbar tahun 2025.

“Kegiatan ini sebagai sarana menjaring bibit atlet potensial,” ujarnya.

Dia berharap kepada semua atlet untuk menjunjung tinggi sportifitas dalam pertandingan.

“Setiap kontingen dari 11 kecamatan ini boleh saling bersaing tetapi harus tetap mengedepankan sportifitas demi melahirkan atlet-atlet masa depan daerah,” jelasnya.