Bupati dan Camat Paparkan Realisasi Pembangunan di Kecamatan Sayan

oleh -131 views
Bupati Dadi bersama Wakil Bupati Kluisen kunker di Pemerintah Kecamatan Sayan

MELAWINEWS.COM, SAYAN – Bupati Melawi Dadi Sunarya Usfa Yursa menyampaikan, bahwa pemerintah daerah terus melaksanakan pembangunan baik di bidang infrastruktur, kesehatan, pendidikan, pertanian, dan bidang lainnya demi kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati Dadi saat kunjungan kerja (kunker) di Pemerintah Kecamatan Sayan, Senin (16/10). Kunker turut dihadiri Wakil Bupati Kluisen.

Bupati Dadi mengatakan, di wilayah Pemerintah Kecamatan Sayan sejumlah pembangunan telah terealisasi di tahun 2023 diantaranya pembangunan jembatan gantung di Desa Berobai Permai dan di Desa Kerangan Purun.

Selain itu, lanjut bupati, rehabilitasi jalan UPJJ, pembangunan instalasi pengelolaan air di Desa Bora, dan pembangunan IPAL skala permukiman minimal 50 KK di Desa Bora dan Desa Mekar Pelita, serta pengalokasian Rp 1,6 milyar untuk meningkatkan dan menunjang kesehatan masyarakat, termasuk Rp 132 juta untuk penanganan stunting.

“Di bidang pendidikan, melaksanakan rehabilitasi kelas serta perabot, membangun UKS dan membangun Lab Komputer beserta perabotnya untuk SDN 2 Nanga Mancur, termasuk beberapa fasilitas olahraga yang tersebar di sejumlah desa di Sayan. Serta bantuan hibah untuk sejumlah rumah ibadah,” ujarnya.

Camat Sayan, Herry Santoso melaporkan saat ini di Kecamatan Sayan terdiri dari 18 desa dengan 5 desa mandiri, 7 desa maju, dan 6 desa berkembang.

Selain itu terdapat 7 BUMDes yang telah berbadan hukum, 2 BUMDes yang sedang proses di Kemenkumham, dan 9 BUMDes yang sudah terdaftar pada aplikasi Kemenkumham.

Dalam kesempatan ini, Herry mengungkapkan sejumlah pembangunan telah terealisasi di Kecamatan Sayan diantaranya pembangunan 2 jembatan besi di Sungai Buas dan Sungai Betung.

“Termasuk beberapa perbaikan jembatan konstruksi kayu. Peningkatan ruas jalan Sayan. Serta menghadirkan pelayanan listrik di 14 desa di Kecamatan Sayan,” jelasnya.