Harisson Optimis Stunting Kalbar Turun 14 Persen

oleh -61 views

MELAWINEWS.COM, MELAWI-Penjabat Gubernur Kalbar Harisson melakukan kunjungan kerja ke Desa Sidomulyo kecamatan Nanga Pinoh kabupaten Melawi pada Sabtu (14/10).

Kedatangan Penjabat Gubernur ke Sidomulyo untuk menyaksikan kegiatan pemberian makanan tambahan yang dilaksanakan oleh posyandu cempaka, penyuluhan gizi, sekaligus menyerahkan bantuan.

Harisson menjelaskan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat ditargetkan untuk menurunkan angka stunting di angka 14 persen pada tahun 2024, meski demikian dirinya tetap optimis angka tersebut dapat tercapai.

“Untuk penurunan angka stunting, kita dievaluasi dan telah diamanatkan Bapak Presiden untuk menurunkan angka stunting, meningkatkan investasi, menurunkan angka kemiskinan ekstrem. Oleh karena itu pada kesempatan ini, saya menghimbau kepada Bapak Ibu utamanya yang memiliki bayi dan balita untuk rutin memantau perkembangan buah hatinya ke posyandu,” terangnya.¬†

Selain itu Pj Gubernur Kalbar juga berharap bapak ibu yang mempunya bayi dan balita harus mengetahui standar perkembangan si kecil setiap bulannya. 

“Melalui kegiatan edukasi gizi ini semoga memberikan tambahan ilmu sehingga mampu menerapkannya dalam pemantauan tumbuh kembang dan kebutuhan anak,” harapnya.

Pj mengungkapkan, saat ini dunia kerja memasuki pasar bebas, artinya semua kalangan mempunyai peluang yang sama. Maka dari itu penting kiranya masyarakat menyiapkan generasi muda yang cerdas sehingga mampu bersaing dalam dunia kerja tersebut.

“Kita ciptakan generasi yang cerdas dan unggul. Sehingga di bursa tenaga kerja nanti mereka bisa menduduki posisi yang unggul. Kita jangan hanya menjadi tenaga kerja yang kasar” katanya.

Maka dari itu Harisson menegaskan, peluang ini harus direbut dengan cara kerja keras, masyarakat perlu menyiapkan generasi  yang cerdas, sehingga anak-anak mampu bersaing dengan dunia luar.

“Jangan sampai anak-anak kita stunting, kita harus ciptakan generasi muda yang hebat mulai dari sekarang. Harapan perusahaan-perusahaan nantinya dalam penanganan kasus ini mereka langsung turun ke posyandu” katanya.

Dalam kegiatan tersebut Pj didampingi Bupati Melawi H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, para kepala dinas provinsi dan Kabupaten, hadir juga ketua TPP PKK Provinsi dan TP PKK Kabupaten Melawi.