Vakum Belasan Tahun, KONI Melawi akan Gelar Porkab: Ini Cabor Dipertandingkan

oleh -258 views
Ketua KONI Kabupaten Melawi, Abang Baharuddin

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Setelah vakum selama belasan tahun, Pemerintah Kabupaten Melawi (Pemkab) Melawi, melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) kembali mengadakan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) ke-II tahun 2023.

Ketua KONI Kabupaten Melawi, Abang Baharuddin menyampaikan pelaksanaan Porkab ke-II ini akan di gelar pada bulan Desember mendatang, yang mempertandingkan sebanyak 3 cabang olahraga (cabor) yakni Futsal Putra Putri, Volli Putra Putri dan Sepak Bola. Semua pertandingan akan di gelar di Kota Nanga Pinoh.

Ia menjelaskan, alasan tidak semua cabor dipertandingkan lantaran keterbatasan keuangan daerah. Dirinya pun memohon maaf kepada masyarakat Melawi secara umum, sebab belum bisa mempertandingkan semua cabor yang ada di daerah itu pada Porkab ke-II tahun 2023 ini.

Lebih lanjut dikatakan, pembukaan Porkab tahun ini direncanakan akan dilaksanakan di halaman rumah jabatan Bupati Melawi, sedangkan penutupan dilakukan di Stadion Raden Temenggung Setia Pahlawan Nanga Pinoh.

Ia kembali menjelaskan, Forkab bertujuan untuk menjaring bibit atlet potensial, selain itu juga menjadi ajang seleksi atlet untuk persiapan Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Barat (Porprov Kalbar) 2025 mendatang.

“Para atlet peraih juara di masing-masing cabor berpeluang menjadi atlet kontingen yang mewakili Kabupaten Melawi pada Porprov Kalbar 2025,” ujar Abang Baharuddin, Jumat (13/10).

Pada even Porkab 2023 ini, tuturnya, semua atlet akan memperoleh perlindungan dan pelayanan Jaminan Sosial Ketenaga Kerjaan (Jamsostek) selama pelaksanaan Porkab.

Selain itu pihaknya juga menyediakan medali emas, perak dan perunggu kepada peraih juara serta piagam penghargaan.

Ditambahkan, even Porkab 2023 ini dilaksanakan juga merupakan salah satu komitmen Pemerintah Daerah dan KONI dalam memajukan olahraga di daerah.