Serapan APBD Capai 57 Persen, BPKAD Sebut Kondisi Keuangan Daerah Masih Sehat

oleh -184 views

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi mencatat tingkat serapan anggaran pendapatan dan belanja Daerah (APBD) 2023 hingga bulan Oktober telah mencapai 57 persen dari total anggaran sebesar Rp 1, 211 triliun.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Melawi, Abang Mangkota menyampaikan capaian ini pun dianggap cukup baik, hingga kondisi APBD dinyatakan masih sehat, yang di dukung basis kas daerah masih aman di angka Rp 702 miliar dan surplus sekitar Rp 25 miliar.

“Keuangan Pemkab Melawi saat ini dalam kondisi sehat. Kami optimis, serapan anggaran sesuai target yang ditetapkan,” ujarnya, Senin (2/10).

Menurutnya, penggunaan anggaran tersebut selain untuk kepentingan kegiatan pembangunan dan program kerja pemerintah, juga dipergunakan untuk belanja pegawai.

Ia menjelaskan, angka serapan penggunaan anggaran ini berdasarkan kebutuhan dan pelaksanaan tugas pemerintahan di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Masih ada sejumlah pekerjaan yang belum terealisasi. Pemkab akan berusaha hingga akhir tahun serapan APBD berjalan maksimal,” tuturnya.