Sidomulyo Deklarasi ODF Bupati Janji Berikan Penghargaan

oleh -81 views

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH-Desa Sidomulyo Kecamatan Nanga Pinoh melaksanakan deklarasi Open Defecation Free (ODF) Senin (21/8).

Kegiatan yang dipusatkan di SMPN 2 Nanga Pinoh itu dihadiri oleh Bupati Melawi H. Dari Sunarya Usfa Yursa, anggota DPRD Provinsi, Ritaudin, Dinas Kesehatan Melawi, para kepala OPD, camat Nanga Pinoh dan sejumlah kepala desa di wilayah Kecamatan Nanga Pinoh.

Kepala desa Sidomulyo, M. Syukur, mengatakan, persiapan deklarasi ODF ini sudah dilaksanakan sejak beberapa waktu lalu. Bahkan Dinas Kesehatan juga sudah melakukan verifikasi.

“Dari hasil verifikasi dan beberapa hal yang harus diperbaiki lagi, terutama masih ditemukannya masyarakat yang masih BAB di sungai tepatnya di kawasan jembatan Melawi,” katanya.

Menurut Syukur, sedianya hampir semua masyarakat Sidomulyo sudah mempunyai WC, namun karena kebiasaan masyarakat terkadang saat mandi di sungai mereka juga BAB di jamban tersebut.

“Kita akan upayakan bersama BPD untuk mengingatkan warga, agar tidak lagi buang air di sungai, supaya Sidomulyo benar-benar bebas dari buang air besar sembarangan,” katanya.

Bupati Melawi menyambut baik dengan deklarasi ODF yang dilaksanakan oleh pemerintah desa Sidomulyo. Maka dari itu sebagai bentuk apresiasi pemerintah akan memberikan penghargaan berupa kegiatan.

“Beberapa waktu lalu desa-desa yang sudah deklarasi juga kami berikan apresiasi. Nah Sidomulyo juga harapannya begitu. Tapi bukan dalam bentuk anggaran melainkan kegiatan untuk menunjang ODf ini,” kata Bupati.

Dia berharap Desa Sidomulyo bisa menjadi contoh bagi desa lain yang ada di Melawi, terutama dalam menjaga pola hidup sehat. Dengan demikian apa yang menjadi tujuan pemerintah bisa terwujud.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Melawi juga menandatangani prasasti ODF, selanjutnya penandatangan komitmen bersama, oleh bupati, forkopimda, camat dan masyarakat. (**)