Buka OSN, O2SN dan FL2SN, Dadi Ingin Pelajar Ukir Prestasi di Berbagai Cabang Olahraga

oleh -99 views
Lepas balon tandai pembukaan

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, didampingi Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen membuka Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) jenjang SD dan SMP tingkat Kabupaten Melawi 2023, di halaman rumah jabatan Bupati Melawi, Selasa (1/8).

Bupati mengatakan upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah tidak hanya terfokus pada pencapaian kualitas akademik, tetapi juga menyangkut aspek non akademik, sehingga diharapkan siswa memperoleh pengalaman belajar yang utuh dan sesuai dengan karakteristik kebutuhan dan perkembangannya.

“Untuk itu, saya menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini karena merupakan momen yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak kita untuk dapat berkreasi, berinovasi, berprestasi, dan berkompetisi secara sehat sekaligus memberikan pengalaman belajar yang baik,” ungkapnya.

Menurut Bupati, penyelenggaraan OSN, O2SN dan FLS2N ini merupakan salah satu wadah guna mengapresiasi kebutuhan non akademis siswa yang memiliki bakat dan minat khususnya di bidang sains, seni, dan olahraga.

Bupati berharap, kegiatan ini dapat menunjang peningkatan kualitas akademis di sekolah, dan meningkatkan prestasi siswa di bidang sains, seni, dan olahraga. Selain itu peserta didik yang berbakat diharapkan dapat dibina dan dikembangkan lebih terarah dan berkelanjutan, sehingga nanti diproyeksikan untuk mengikuti ajang-ajang selanjutnya yang lebih tinggi dan mengukir prestasi di berbagai cabang olahraga.

Dalam kesempatan ini, Bupati berpesan kepada para peserta didik yang bertanding untuk melaksanakannya dengan penuh semangat dan sportivitas.

“Kepada para wasit dan juri, saya berharap dapat memimpin setiap pertandingan dan perlombaan secara professional dan objektif. Dan kepada para guru dan pembina, mari jadikan momentum ini sebagai sarana evaluasi atas proses pembinaan prestasi anak-anak didik kita untuk lebih baik dan berprestasi,” pesannya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, Suprianus mengatakan kegiatan OSN, O2SN, dan FLS2N diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 1-3 Agustus dengan mempertandingkan bidang studi Matematika dan IPA untuk jenjang SD, dan bidang studi Matematika, IPA, dan IPS untuk jenjang SMP kategori OSN.

Untuk kategori O2SN, akan mempertandingkan cabang atletik, renang, bulu tangkis, pencak silat, karate, sepak bola mini untuk jenjang SD dan cabang atletik, renang, bulu tangkis, pencak silat, karate, voli untuk jenjang SMP.

Sedangkan untuk kategori FLS2N mempertandingkan menyanyi solo, gambar bercerita, seni tari, pantomim, kriya untuk jenjang SD dan tari kreasi kreativitas musik tradisional, ensambel musik, menyanyi solo, ilustrasi, pantomime untuk jenjang SMP.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Melawi, Sekretaris Daerah Melawi, Ketua Tim Penggerak PKK Melawi, Ketua GOW, Kepala OPD, Pengawas, Kepala Sekolah dan Para Guru.