Bupati Dadi Minta Pembentukan Kepengurusan Apdesi di Melawi

oleh -155 views
Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa

MELAWINEWS.COM, BALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi meminta Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) tingkat kabupaten untuk segera membentuk kepengurusan baru.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kabupaten Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa serta BPD dalam mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Desa yang lebih baik menuju kemajuan dan kemandirian desa di lingkungan Pemerintah Desa se-Kabupaten Melawi tahun 2023, Senin (29/05/2023) di Kuta, Bali.

Bupati mengatakan, Apdesi ini kedepan akan berfungsi diantaranya sebagai wadah untuk para kepala desa untuk menyampaikan aspirasi, saling berbagi, bertukar pikiran dan berdiskusi menyelesaikan permasalahan yang ada di Desa.

“Apdesi ini nantinya sebagai wadah penjembatan kita untuk menyampaikan permasalahan yang harus kita suarakan untuk kebaikan desa, menjaring dan menyuarakan aspirasi arus bawah masyarakat, bermusyawarah untuk mencapai mufakat terhadap persoalan yang ada,” kata bupati.

Bupati meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Melawi untuk bisa membantu dan memfasilitasi pembentukan Apdesi Kabupaten Melawi ini. “Untuk Sekretariat nanti bisa kita bantu sediakan ruangan di Kantor Bupati Melawi,” ujarnya.

Bupati menegaskan, Pemkab Melawi akan mendukung sepenuhnya terbentuknya Apdesi tersebut.

Bupati berharap, para Kepala Desa di Kabupaten Melawi bisa menjalin komunikasi yang baik dengan Pemerintah Daerah, lembaga-lembaga desa, termasuk dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, dan seluruh pihak yang ada tanpa terkecuali.

“Dalam membangun suatu daerah yang lebih baik dan maju yang akan datang, tidak akan mungkin ada suatu keberhasilan tanpa hadirnya sebuah kebersamaan. Seluruh kesuksesan dapat kita raih bersama karena hadirnya kerjasama dan kolaborasi diantara kita semua,” jelasnya.

Dikesempatan itu, bupati mengajak seluruh Kepala Desa di Kabupaten Melawi untuk bersama-sama menyukseskan pesta demokrasi 2024 mendatang, sehingga jalannya Pemilu bisa terlaksana dengan lancar dan damai.

“Seluruh perbedaan yang ada bukan menjadi alasan terjadinya perpecahan, tetapi perbedaan yang ada menjadi jalan untuk saling melengkapi dan menguatkan diantara kita semua. Mari bergandengan tangan untuk membangun Kabupaten Melawi yang lebih baik lagi,” ajaknya.