Perayaan Imlek di Melawi Berlangsung Meriah

oleh -59 views
Malam perayaan tahun baru Imlek di Melawi Sabtu malam berlangsung meriah

MELAWINEWS.COM,MELAWI-Perayaan Tahun Baru Imlek yang dilaksanakan masyarakat Tionghoa di lapangan basket desa Sidomulyo Sabtu (21/) malam berlangsung meriah.

Apalagi dalam perayaan tersebut panitia menghadirkan dua artis cantik dari Jakarta dan Medan, yakni Meidy Li dan Vega Delaga.

Malam penyambutan Imlek turut dihadiri Bupati Melawi, Dadi Sunarya, Wakil Ketua DPRD, Hendegi, Kapolres AKBP Muhammad Syafi’i, Sekda Melawi, Paulus, Kepala OPD, Ketua MABT, Taufik, Ketua BSPBK, Feby dan sejumlah tamu undangan lainnya. Kemeriahan ini juga didukung dengan kondisi cuaca yang cerah selama pelaksanaan malam hiburan tersebut.

Ketua MABT Melawi, Taufik sekaligus ketua panitia Imlek bersyukur pesta perayaan imlek bisa kembali digelar di Melawi setelah dua tahun terakhir ini vakum akibat pandemi Covid-19. MABT dari 21 Januari hingga 5 Februari mendatang, akan digelar sejumlah kegiatan perayaan Imlek dan Cap Go Meh.
“Tentunya kegiatan perayaan Imlek ini tidak luput dari campur tangan bapak bupati kita, H Dadi Sunarya Usfa Yursa. Baru tahun ini, kita mendapat bantuan hibah Rp 300 juta untuk perayaan Imlek dan Cap Go Meh di tahun 2023,” katanya.
Selama ini, kata Taufik, MABT memang menerima bantuan dari pemerintah, tapi tidaklah sebesar yang diberikan Bupati saat ini.
“Dengan keadilan, kita disejajarkan dengan saudara-saudara kita dari DAD, MABM, dan saudara kita, dimana MABT mendapatkan hibah yang sama untuk perayaan yang kita laksanakan malam ini. Terima kasih atas bantuan yang diberikan , karena tanpa ada bantuan, maka acara kita tidak bisa berjalan dengan sukses,” katanya.
Selain hibah Pemda, acara penyambutan Imlek, kata Taufik juga didukung dari donatur lainnya. Ia pun mengapresiasi bantuan yang diberikan, baik BUMD, maupun swasta yang memberikan pendanaan.
“Terima kasih juga pada seluruh panitia yang telah membantu kami dalam kegiatan mempersiapkan dari membangun panggung hingga malam perayaan hari ini. Usai penyambutan imlek, pada 29 Januari hingga 4 Februari atau hari ke 14 imlek, kita akan mengadakan pasar Cap Go Meh, Pawai Lampion pada 4 Februari, dan 5 Februari atau hari Cap Go Meh, paginya akan dilaksanakan Pawai Tatung dan malam harinya, kembali akan menyaksikan hiburan penutupan dari perayaan Imlek,” paparnya.
Kapolres Melawi, AKBP Muhammad Syafi’i berharap kegiatan Imlek tahun ini berjalan dengan tertib dan lancar. Ia menyampaikan apresiasi pada aparat keamanan dari TNI, Polri, Satpol PP serta rekan ormas seperti Banser, dan semua pihak yang telah membantu pelaksanaan perayaan.
“Semoga dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2574 dapat berjalan dengan tertib dan lancar. Apa yang diharapkan, bisa tercapai, mendapatkan keberuntungan yang besar dan diberikan kesehatan di tahun baru,” katanya yang turut dirangkai dengan bahasa mandarin ini.
Bupati Melawi, Dadi Sunarya yang turut hadir dalam perayaan penyambutan Imlek menyampaikan ucapan selamat tahun baru Imlek 2574. Selamat memasuki tahun kelinci air.
“Mudah-mudahan rejeki kita di tahun 2023 seperti air yang mengalir. Dengan Ketua MABT pak Taufik di 2024, suaranya juga seperti air mengalir,” katanya.
Dadi menyampaikan, tahun kelinci air menjadi lambang harapan, karena kelinci air menjadi simbol umur panjang dan kemakmuran. Tahun kelinci juga menjadi tahun harapan dan simbol kesuksesan.
“Tahun yang lembut dan tenang, tahun penuh kasih sayang dan tahun pemulihan,” katanya.
Dadi berharap dengan makna tahun kelinci pada tahun baru Imlek ini semuanya diberikan keberkahan, kedamaian, keberuntungan serta mampu menghadapi tantangan dalam pembangunan Melawi.
“Keberadaan masyarakat Tionghoa yang dapat hidup berdampingan dengan etnis lainnya menjadi gambaran kokohnya rasa kebersamaan dalam kehidupan multicultural dengan saling menghormati dengan perbedaan yang ada,” katanya.
Dikatakan keberadaan masyarakat Tionghoa juga banyak berperan dalam menggerakkan roda perekonomian di Melawi. Tentunya hal ini juga berdampak pada percepatan pembangunan di Melawi.
“Saya dan Kapolres sesuai arahan bapak Presiden di Sentul, kami aparat pemerintah, TNI dan Polri dalam hal ini akan mendukung sepenuhnya perayaan Imlek yang ada di melawi,” katanya.
Usai sambutan, Bupati bersama Forkopimda kemudian menabuh tambur barongsai yang menandai pembukaan kegiatan penyambutan Imlek oleh MABT. (**)