Ritual Buka Mata Naga Tandai Penyambutan Tahun Baru Imlek 2574

oleh -79 views
Ritual buka mata naga yang digelar di Klenteng Fuk Tet Chie Nanga Pinoh

MELAWINEWS.COM, Melawi – Ritual buka mata Naga menandai penyambutan tahun baru Imlek di Kabupaten Melawi, Jumat (20/1) pagi. Ritual yang digelar di Klenteng Fuk Tet Chie Kota Nanga Pinoh menjadi bagian tradisi etnis Tionghoa yang akan merayakan Imlek tahun 2574.

Dipimpin seorang Loya atau Tatung, replika naga berwarna kuning ini terlebih dahulu didoakan. Loya kemudian mengoleskan cat yang telah dimantra ke mata naga serta beberapa bagian naga lainnya.

Tokoh muda Tionghoa Nanga Pinoh, Vincent menjelaskan, ritual buka mata naga digelar sebagai bagian penyambutan imlek.

“Hanya memang berbeda-beda di tiap daerah. Ada yang sebelum Imlek, ada juga yang tiga hari sebelum perayaan Cap Go Meh,” lanjutnya.

Buka mata menjadi ritual yang menandakan naga hidup kembali, nantinya digunakan atau beratraksi selama Imlek dan Cap Go Meh.

Dalam kepercayaan Tionghoa, naga juga dapat memberikan berkah, keajaiban, keselamatan dan mengusir roh-roh jahat.

Vincent mengatakan, naga yang telah mengikuti ritual buka mata kemudian diarak keliling di sekitar klenteng. Biasanya memang naga mas dibawa keliling ke penjuru kota.

“Tujuannya sebagai upaya pembersihan roh-roh jahat yang ada di sekitar kita,” jelasnya.

Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa, Taufik menjelaskan ritual buka mata naga menjadi agenda rutin tahunan setiap perayaan Imlek hingga Cap Go Meh. Naga akan beraksi selama masa penyambutan tahun baru Imlek hingga perayaan Cap Go Meh.

Taufik juga menyampaikan, perayaan Imlek pada tahun 2023 akan kembali digelar secara terbuka dan meriah, setelah dua tahun terakhir perayaan penyambutan Imlek ditiadakan akibat wabah pandemi Covid-19.

“Perayaan tahun baru Imlek digelar di Lapangan Basket Nanga Pinoh. Untuk panggung sudah dibangun dan kita juga akan mengundang artis artis nasional,” pungkasnya.