Ritaudin Minta PU Provinsi Perbaiki Jalan Sayan-Kotabaru

oleh -123 views
Kondisi jalan Sayan-Kotabaru yang rusak parah. Anggota DPRD Ritaudin meminta PU Kalbar segera turun tangan sebelum Natal dan Tahun baru

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Legislator Kalbar asal Melawi, Ritaudin menyampaikan, dirinya sudah meminta Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalbar segera mengambil langkah untuk memperbaiki beberapa titik jalan yang rusak parah di ruas Sayan-Kotabaru. Ia menyampaikan sejumlah saran untuk ditindaklanjuti oleh Pemprov Kalbar.

“Kondisi jalan ini rusak parah. setidaknya ada empat titik. Kondisi ini juga dipengaruhi intensitas hujan yang tinggi,’ katanya.

Ritaudin menerangkan, Pemprov sebenarnya mengalokasikan dana Rp 20 miliar untuk jalan dari arah Sayan-Kotabaru-Sokan. Namun setelah tender, pekerjaan tersebut tak sampai Rp 20 miliar dan lebih banyak difokuskan ke ruas Kotabaru-Sokan.

“Nah, saat ini jalan di Kotabaru-Sokan sudah lebih baik, beberapa sudah di aspal. Bagaimana kiranya agar ada alokasi anggaran yang digeser ke ruas Sayan-Kotabaru yang mengalami kerusakan parah. Mekanisme bisa adendum kontrak atau diserahkan pada pihak pelaksana dan dinas PU,” katanya.

Dikatakan Ritaudin, kerusakan jalan di Sayan ini juga berdampak pada terganggunya kegiatan proyek jalan di ruas Kotabaru-Sokan. Mengingat angkutan material proyek tersebut berasal dari Kecamatan Sayan. Inisiatif perbaikan juga sebenarnya sudah datang dari perusahaan perkebunan yang menggunakan akses jalan ini untuk angkutan buah. Namun mereka terkendala material untuk menimbun jalan yang rusak.

“Perusahaan di sekitar empat kecamatan ini siap membantu. Mereka bahkan sudah menyiapkan alat berat. Hanya mereka tak punya anggaran untuk pembelian material. Sementara pemilik lokasi material di Sayan tidak mau memberikan gratis, ” paparnya.

Yang terpenting, lanjut Ritaudin, perbaikan harus segera dilakukan apalagi saat ini sudah mendekati masa perayaan natal dan tahun baru. Ia meminta bidang bina Marga PUPR Kalbar bisa mengambil langkah cepat.