Bupati Melawi: Hindari Kekosongan Jabatan, Pelantikan Kepala Desa Terpilih Sesuai Jadwal

oleh -297 views
Bupati Melawi Dadi Sunarya Usfa Yursa bersama Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto dan peserta rakor lainnya foto bersama usai kegiatan

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Melawi menggelar rapat koordinasi dengan pihak-pihak terkait menjelang pengesahan dan pengangkatan Kepala Desa terpilih di Kabupaten Melawi. Rakor berlangsung di Convention Hall Kantor Bupati Melawi, Senin (07/11/2022).

Seperti diketahui Pilkades Serentak di Kabupaten Melawi telah berlangsung pada 19 Oktober 2022 lalu di 49 desa pada 10 kecamatan.

Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa saat memimpin rakor itu menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah meminimalisir segala persoalan hingga pelaksanaan Pilkades tahun 2022 ini berjalan dengan sukses.

Dadi berharap, pelantikan Kepala Desa terpilih nantinya akan dilaksanakan sesuai jadwal agar tidak terjadi kekosongan jabatan lama, sehingga roda pemerintahan desa tetap berjalan dengan baik dan pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu.

Pada kesempatan yang sama, Kepala DPMD Melawi, Hasanudin mengatakan, sebelumnya pelaksanaan Pilkades Serentak di daerah itu berjalan sesuai dengan seluruh jadwal tahapan.

“Saat ini berkas dari 49 desa yang menyelenggarakan Pilkades telah diserahkan ke Kantor DPMD,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto menyampaikan apresiasi atas kerjasama semua pihak yang telah bersinergi dalam pengamanan Pilkades Serentak di Melawi.

“Atas kerjasama semua pihak, tahapan persiapan sampai pelaksanaan Pilkades Serentak berjalan lancar, aman dan kondusif. Saya berharap pada saat pelantikan nanti juga bisa berjalan lancar dan baik,” harapnya.

Sumber : HUMAS/Orin

Editor : Sirait

49 Kepala Desa Terpilih Segera Dilantik, Ini Jadwalnya

Sebelumnya, Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Kabid Pemdes) DPMD Melawi, Budiman menyampaikan sebanyak 49 kepala desa terpilih, dalam Pilkades serentak direncanakan akan diambil sumpah dan dilantik pada akhir Desember 2022.

Sesuai dengan jadwal, masa habis jabatan kepala desa yang lama periode 2016-2022 berakhir pada 22 Desember 2022. Setelah jadwal itu pula pada bulan Desember 2022, para kepala desa terpilih periode 2022-2028 tersebut langsung dilantik.

Budiman menerangkan, prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan para kepala desa terpilih untuk masa jabatan enam tahun kedepan ini akan dipimpin oleh Bupati Melawi di Pendopo Bupati Melawi.

“Iya, kita rencanakan pelantikan berlangsung pada akhir Desember nanti,” ungkap Budiman.

Dia menjelaskan, pengambilan sumpah dan pelantikan para kepala desa terpilih akan menjadi akhir dari seluruh tahapan Pilkades Serentak tahun 2022 ini.