Nanga Pinoh Akan Bentuk Tim Monev DD Ketahan Pangan

oleh -77 views

MELAWINEWS.COM.NANGA PINOH-Rapat Koordinasi pemanfaatan Dana Desa Untuk Ketahanan Pangan, bersama Pemdes, Dinas Pangan dan Perkebunan, dinas pertanian, Kecamatan Nanga Pinoh dan TPP Nanga Pinoh pada Selasa 26 Juli 2022.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan dana desa untuk ketahanan pangan yang telah digulirkan diperuntukkan apa saja bagaimana pengelolaannya. Maka dari itu Dinas pertanian melalui penyuluh Kecamatan dan pendamping desa perlu memonitoring langsung ke lapangan.

Hal ini juga sebagai upaya pencegahan dan tanggung jawab pimpinan terhadap desa yang menjadi binaannya sehingga mereka tidak salah langkah dan tersangkut masalah hukum seperti kasus-kasus sebelumnya.

“Kita bukan ingin merecoki atau mengganggu desa dalam merealisasikan dana yang digulirkan kepada kelompok tani namun ini sebagai bentuk tanggung jawab kami kepada bapak ibu di desa supaya jangan sampai kita salah langkah sehingga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan “kata sekretaris dinas DPMD Melawi Rima Pramita

Hal senada juga disampaikan oleh camat Nanga Pinoh Halma Trisno kata dia sebagai pimpinan di wilayah kecamatan Nanga Pinoh dirinya mempunyai tanggung jawab untuk membina desa-desa yang ada di wilayahnya dengan harapan dana ketahanan pangan yang sudah dikeluarkan desa tidak menjadi sia-sia dan bisa menghasilkan sesuai dengan program yang diharapkan oleh pemerintah mulai dari pusat Provinsi sampai ke pemerintah Kabupaten.

“Kita akan bentuk tim yang terdiri dari pihak kecamatan, penyuluh dan dinas pangan dan perkebunan yang tugasnya melakukan kroscek langsung ke lapangan, memastikan kegiatan berjalan sesuai harapan” katanya

Maka dari itu kata halma pihaknya sengaja mengundang Pemdes dinas ketahanan pangan dan perkebunan serta Dinas pertanian Kabupaten Melawi sebab dalam program ketahanan pangan tersebut masing-masing mempunyai kewenangan terutama dalam pembinaan.