MGMP di SMPN 1 Nanga Pinoh, Begini Cara Jitu Menjadi Penulis

oleh -221 views

MELAWINEWS.COM-NANGA PINOH-Belasan guru di Kabupaten Melawi mengikuti pertemuan reguler Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang diadakan di SMPN 1 Nanga Pinoh pada senin 25 Juli 2022.

Kegiatan tersebut diisi dengan materi penulisan karya ilmiah yang disampaikan oleh pemateri Ali Anshori, wartawan media lokal dari kabupaten Melawi.

Dalam kegiatan tersebut Ali Anshori mengajak kepada para para guru yang ada untuk memulai menjadi penulis, sebab menulis akan mempertajam imajinasi dan meningkatkan penguasaan bahasa.

“Cara menjadi penulis bagaimana,mulailah sekarang juga sebab sebanyak apapun teori yang disampaikan akan percuma jika tidak direalisasikan dalam bentuk menulis maka dari itu tulislah apa yang hendak kita tulis. Dengan demikian maka kita akan bisa mengeluarkan ide melalui tulisan tersebut’ katanya.

Untuk menjadi penulis hebat kita tidak bisa langsung menulis baik akan tetapi harus diawali dengan memulainya terlebih dahulu misalnya menulis di sosial media satu hari satu kalimat selanjutnya dua kalimat kemudian kita tingkatkan lagi dalam satu hari mencapai 1 jam jika hal ini rutin dilakukan maka kita akan bisa menulis menjadi lebih baik. Langkah selanjutnya untuk menjadi penulis adalah kita harus istiqomah dengan apa yang sudah kita rencanakan percuma ketika kita mempunyai ide namun kita tidak menuangkannya dalam tulisan maka dari itu setiap kita mempunyai ide kita harus catat dalam satu catatan khusus selanjutnya kita tuangkan dalam sebuah tulisan” katanya.

Langkah selanjutnya adalah membuat kerangka pikiran apa yang harus kita lakukan apa yang akan kita bahas. Jika berhubungan dengan dunia pendidikan maka kita harus mulai membaca buku-buku yang berhubungan dengan pendidikan dengan demikian kita akan mempunyai wawasan tentang pendidikan demikian halnya ketika kita akan membahas masalah hukum maka kita harus membaca buku-buku yang berhubungan dengan hukum. (**)