Pembukaan MTQ VIII Kabupaten Melawi Berlangsung Meriah, Dadi : Semoga Membawa Keberkahan

oleh -347 views
Pemukulan tar oleh bupati, wabup dan jajaran Forkopimda serta panitia menandai dibukanya gelaran MTQ tingkat kabupaten Melawi di Desa Batu Nanta

MELAWINEWS.COM,BATU NANTA-Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke VIII Tingkat Kabupaten Melawi di desa Batu Nanta Kecamatan Belimbing resmi dibuka pada Senin (18/7) malam.

Pembukaan ditandai dengan pukulan tar oleh bupati Melawi H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, Ketua DPRD Melawi, Widya Hastuti bersama jajaran Forkopimda, Ketua LPTQ Provinsi, Brigjend Pol Purn Andi Musa, Ketua LPTQ Melawi M.Yamin dan sejumlah pejabat lain di lingkungan Pemkab Melawi.

Tarian kolosal yang ditampilkan oleh sanggar Seni Seluang Nanga Pinoh dan juga anak-anak MTs Belimbing turut memeriahkan acara di malam tersebut.

Dalam Laporannya ketua Panitia MTQ ke VIII Tingkat Kabupaten Melawi Syaiful Khair menyampaikan, bahwa jumlah peserta lomba terdiri dari 499 orang.

” Sedangkan Jenis yang dilombakan sebanyak lima cabang antara lain tilawah Al Qur’an, syarhil Qur’an, Hifzil Qur’an, Fahmil Qur’an dan Khatil Qur’an” katanya.

Tarian kolosal dalam rangka pembukaan MTQ VIII Tingkat Kabupaten Melawi yang berlangsung cukup meriah

Sementara itu ketua LPTQ Melawi M Yamin mengungkapkan, kegiatan ini sedianya akan dilaksanakan pada tahun 2019, namun karena adanya pendemo covid sehingga ditunda.

“Alhamdulillah kegiatan bisa dilaksanakan pada tahun ini. Kegiatan ini bertujuan untuk mencari bibit qori Qoriah, hafiz dan Hafizah yang nantinya akan dibawa pada MTQ tingkat Provinsi di Ketapang” katanya.

Ketua LPTQ Provinsi Brigjend Pol Purn Andi Musa mengungkapkan, Kabupaten Melawi menjadi kabupaten ke 4 yang melaksanakan kegiatan MTQ yg ke 4 dari 14 kab kota se-Kalbar.

“Sedangkan pada MTQ provinsi di Sintang Melawi Peringkat ke 11, mudah-mudahan kedepan prestasi tersebut bisa ditingkatkan lagi” katanya.

Ia melanjutkan, insya Allah pada Oktober, Kafilah Kalbar akan mengikuti MTQ tingkat nasional di Kalsel.

“kami mohon doa restu dari warga Kalbar dan khususnya Melawi, ” harapnya.

Andi Musa juga berpesan kepada panitia, peserta kafilah dan Dewan Hakim bisa mewujudkan MTQ yang bermartabat.

“Kepada peserta tampilkan kemampuan sebaik mungkin, sedangkan kepada dewan hakim jadilah hakim yang adil dan jujur, berikan hak kepada yang menerima, berikan kepada orang yang pantas” katanya.

Sementara itu Bupati Melawi H Dadi Sunarya berharap dengan diadakannya MTQ ini maka akan membawa keberkahan untuk kabupaten Melawi.

“Mudah2an kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial namun juga harus menjadi momentum untuk menciptakan para Qoriah Qoriah dan hafiz Hafizah yang bisa membawa keberkahan” katanya.

Dalam kesempatan itupula bupati menyampaikan terimakasih kepada seluruh panitia, peserta dan tuan rumah, dia berharap kegiatan ini akan membawa dampak positif untuk masyarakat.

“Saya sampaikan terimakasih kepada masyarakat khususnya desa Batu Nanta semoga menjadi amal ibadah” katanya.