510 CPNS dan PPPK Melawi Terima SK, Dadi Ingatkan Kedisiplinan

oleh -165 views
Bupati Melawi, Dadi Sunarya menyerahkan SK CPNS pada perwakilan peserta pembekalan dan Bimtek. Total ada 196 CPNS dan 314 PPPK yang menerima SK

MELAWINEWS.COM, Melawi – 510 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) serta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Melawi akhirnya menerima Surat Keputusan (SK) pengangkatan. Para pegawai baru inipun diharapkan mampu menunjukkan kinerja dan loyalitas yang baik sehingga berdampak pada peningkatan layanan publik ke masyarakat.

SK CPNS dan PPPK diserahkan secara simbolis oleh Bupati Melawi, Dadi Sunarya, Kamis (2/6) di Aula Kantor Bupati Melawi. Ratusan pegawai baru juga didominasi tenaga guru serta tenaga kesehatan.

Dadi Sunarya saat penyerahan SK PPPK dan CPNS mengingatkan bahwasanya pemerintah akan selalu mengedepankan ASN yang cakap dalam setiap tugas dan tanggung jawab berdasarkan tugas pokok dan fungsi.

“Dan juga ASN yang siap berdaya saing di era keterbukaan saat ini berlandaskan pada pengembangan potensi dan kompetensi personal yang pada akhirnya bermuara pada terciptanya kualitas birokrasi yang memiliki tujuan perbaikan kualitas pelayanan publik yang prima, bukan sebaliknya birokrasi yang lamban, tidak responsif dan tidak akuntabel serta tidak transparan,” ungkapnya.

Dadi juga menegaskan saat berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, kompetensi dan kinerja dinilai berdasarkan formasi saat dinyatakan lulus seleksi dan wajib mengikuti pelatihan dasar. Jika dalam penilaian berbagai aspek belum memenuhi kriteria penilaian, status calon dapat ditunda dengan ketentuan waktu tertentu.

“jika belum memenuhi persyaratan berdasarkan waktu yang telah ditentukan, dinyatakan gugur atau dibatalkan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil,” katanya.

Ia pun berharap setiap CPNS maupun PPPK hendaknya mempunyai kemauan yang kuat untuk memiliki wawasan yang luas dan siap membantu pimpinan dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan. Selain itu, sebagai abdi negara diharapkan senantiasa menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab.

“Para pegawai ini juga diharapkan mempunyai wawasan jauh ke depan dan mampu melakukan terobosan yang positif melalui pemikiran yang kreatif, inovatif dan sistemik untuk kepentingan organisasi,” pesan Bupati.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Melawi, Jaya Sutardi mengungkapkan total seluruh CPNS dan PPPK yang menerima SK sebanyak 510 orang dengan rincian Calon Pegawai Negeri Sipil Formasi Tahun 2021 berjumlah 196 orang dan PPPK berjumlah 314 Peserta.

“Rinciannya, CPNS Tenaga Kesehatan berjumlah 140 Peserta dan Tenaga Teknis berjumlah 56 Peserta. Adapun Golongan II berjumlah 108 Peserta dan Golongan III berjumlah 88 Peserta, kemudian PPPK tenaga Guru berjumlah 299 orang dan tenaga PPPK Kesehatan berjumlah 15 orang,” paparnya.

Jaya melanjutkan, seluruh CPNS dan PPPK yang telah menerima Surat Keputusan Bupati kemudian mengikuti pembekalan dan bimbingan teknis (Bimtek) Penguatan Kompetensi Bidang Tugas bagi CPNS selama tiga hari yakni 3 Juni hingga 6 Juni.

“Tujuan kegiatan ini untuk memberikan bekal pengetahuan dan wawasan mengenai Kepegawaian keterampilan yang bersifat umum/ administratif dan diperlukan untuk mendukung pelaksanaan tugas. Serta membentuk ASN profesional yang berkarakter yaitu ASN yang karakternya dibentuk oleh sikap perilaku bela negara, nilai- nilai dasar PNS, dan pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, serta menguasai bidang tugasnya sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan masyarakat,” jelasnya.