Pemkab Salurkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran Rumah Betang di Laman Oras

oleh -128 views
Bupati Melawi Dadi Sunarya UY foto bersama dengan warga korban kebakaran rumah betang

MELAWINEWS.COM, MENUKUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi menaruh kepedulian atas musibah kebakaran 17 pintu Rumah Betang di Dusun Laman Oras, Desa Batu Badak, Kecamatan Menukung, Selasa (5/4).

Peristiwa kebakaran terjadi pada 3 April lalu sekira pukul 16 WIB, yang menimpa 41 kepala keluarga (KK) dengan jumlah jiwa 128 orang.

Sebagai bentuk kepedulian dan empati atas musibah tersebut, Pemkab Melawi memberikan bantuan berupa sembako, bahan pakaian dan bentuk keperluan lainnya kepada korban musibah kebakaran.

Bupati Melawi, Dadi Sunarya UY, yang langsung menyerahkan bantuan menyampaikan keprihatinannya atas musibah kebakaran yang dialami warga Rumah Betang.

Bupati mengatakan, kehadirannya bersama jajaran Pemkab Melawi dalam rangka memberikan dukungan dan semangat kepada masyarakat terdampak musibah kebakaran.

“Sebagai wujud kepedulian Pemerintah kepada masyarakat, kami menyalurkan bantuan untuk sedikit meringankan beban warga terdampak kebakaran,” ujar bupati.

Bupati mengungkapkan, bantuan yang diberikan berupa sembako yang terdiri dari beras 1 ton, sarden 2 dus, gula 50 kg, kopi 1 dus, minyak goreng 27 liter, mie instan 27 dus, air mineral 50 dus, terpal, matras, pakaian layak pakai.

Selain itu juga diserahkan selimut sebanyak 27 lembar dan sandang dewasa sebanyak 28 paket melalui kumbung sosial dan bantuan dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Melawi berupa beras 50 karung, gula pasir 150 kg, dan mie instan 33 dus.

“Semoga apa yang kita salurkan hari ini dapat bermanfaat sekaligus membantu dan meringankan beban bapak/Ibu sekalian. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah ikut memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, bupati meminta kepada instansi terkait khususnya BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan untuk segera menyiapkan langkah-langkah pemulihan pasca bencana tersebut.

Bupati juga meminta pengobatan gratis melalui Puskesmas Menukung dan RSUD Melawi kepada warga yang sedang menjalani perawatan.

Terkait rumah betang yang menjadi cagar budaya yang telah dibangun sejak tahun 1951 tersebut, bupati akan mencari solusi dan membahas bersama stake holder lainnya terkait langkah terbaik yang akan diambil.