Tips Agar Puasa Tetap Lancar

oleh -62 views
Islutrasi bulan ramadhan

Bulan Ramadhan telah tiba, di mana sebagai Umat Muslim harus menjalankan puasa selama sebulan penuh. Menjalankan ibadah puasa memang menguji kita untuk bisa menahan hawa nafsu, seperti menahan lapar dan haus. Ada pun beberapa tips sehat agar puasa lancar, di mana ini sangatlah penting agar tubuh pun tetap sehat.
Tips Sehat Agar Puasa Lancar dan Tubuh Sehat

Terkadang saat menjalankan puasa akan banyak sekali cobaan, terutama untuk urusan kesehatan tubuh. Untuk itu agar bisa berpuasa tanpa ada masalah, perlu sekali mengetahui beberapa tips puasa yang akan membantu puasa tetap lancar. Berikut ini adalah tipsnya:

1. Konsumsi Makanan Bergizi
Tips sehat agar puasa lancar adalah dengan konsumsi makanan bergizi pada saat sahur dan berbuka puasa. Hal ini sendiri sangatlah penting, di mana dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi seimbang akan membuat tubuh tetap mendapatkan gizi yang dibutuhkan. Usahakan Sobat Pintar memakan makanan berserat tinggi dan memiliki kandungan protein yang cukup.

Makanan berserat tinggi sendiri akan membantu pencernaan tetap dalam keadaan baik. Sedangkan protein tinggi sendiri diperuntukan agar energy dalam tubuh tetap tercukupi. Jangan lupa untuk memperhatikan asupan mineral. Sobat Pintar dapat meminum air putih yang cukup pada saat berbuka dan sahur. Lengkapi menu dengan buah-buahan dan juga sayuran segar.
Untuk pemenuhan kebutuhan makanan yang bergizi, Sobat Pintar bisa mengajukan Kredit Pintar. Kredit ini tidak hanya untuk membantu masalah ekonomi dalam pemenuhan gizi. Tapi juga bisa digunakan untuk menambah modal untuk usaha dan lain sebagainya.

2. Hindari Makanan Tidak Sehat
Agar puasa selalu lancar, ada baiknya Sobat Pintar menghindari makanan yang tidak sehat seperti junk food, makanan berlemak atau yang terlalu manis. Karena jenis makanan tersebut akan membuat tubuh tidak mendapatkan gizi yang tidak seimbang. Tidak hanya itu saja, makanan yang tidak sehat dapat membuat tubuh akan terasa lemas saat berpuasa karena nutrisi tidak terpenuhi.

3. Perhatikan Waktu Sahur
Tips sehat agar puasa lancar berikutnya adalah dengan memperhatikan waktu sahur. Pastikan bahwa Sobat Pintar menghitung waktu sahur yang ada agar dapat tetap segar hingga waktu berbuka. Jangan bangun sahur mepet dengan jadwal imsak, di mana ini akan membuat Sobat Pintar makan terburu-buru.

Makan terburu-buru sendiri akan membuat pencernaan tidak bekerja dengan baik, sehingga makanan tidak tercerna dengan baik. Pencernaan yang terganggu tentu saja akan membuat tubuh menjadi tidak fit. Tentu saja hal ini menjadi salah satu yang harus dihindari, di mana memang ada baiknya Sobat Pintar bangun sahur tepat waktu sehingga tidak makan tergesa-gesa.

4. Jaga Pola Tidur
Menjalani puasa akan menguras banyak energi yang tentu akan membuat tubuh menjadi cepat lelah. Di mana hal ini sering dijadikan alasan bagi sebagian orang untuk bermalas-malasan dan tidur sepanjang hari. Tidur berlebihan sudah pasti tidak akan memberikan manfaat yang baik, terlebih lagi pada saat Sobat Pintar berpuasa.

Jadi memang sangat disarankan ketika sedang berpuasa selalu menjaga pola tidur, sehingga tubuh bisa mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Sobat Pintar dapat beristirahat pada siang hari, namun ada baiknya tidak terlalu lama.

5. Olahraga Ringan
Walaupun sedang berpuasa dan tidak makan serta minum hingga waktu berbuka, bukan berarti Sobat Pintar tidak bergerak sama sekali. Kurang gerak sendiri bisa membuat peredaran darah menjadi terhambat serta metabolisme tubuh tidak bekerja semestinya.

Maka daripada itu, sangat disarankan bagi Sobat Pintar untuk tetap berolahraga ringan. Di mana Sobat Pintar bisa melakukan jogging sebelum berbuka atau jenis olahraga lain yang tidak terlalu berat. Dengan selalu berolahraga maka dapat membuat tubuh tetap dalam keadaan sehat dan juga bugar.