Presiden Tinjau Pembangunan Tanggul Geotube

oleh -67 views

MELAWINEWS.COM,SINTANG-Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo meninjau proses pemasangan geotube di pinggiran Sungai Melawi di Kelurahan Kampung Ladang Kecamatan Sintang pada Rabu, 8 Desember 2021.

Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo kepada awak media menyampaikan bahwa pembangunan infratsruktur dalam rangka mengatasi banjir untuk jangka pendeknya dengan membuat tanggul dari geotube yang diisi pasir.

“Yang kita harapkan untuk jangka pendek bisa mengatasi banjir. Saya hari ini melakukan penanaman pohon secara simbolis di pinggiran Sungai Kapuas dan Sungai Melawi. Kita harapkan dengan penanaman pohon ini akan memperbaiki catchment area, memperbaiki daerah aliran sungai, utamanya di daerah hulu” terang Joko Widodo.

“Kita akan perintahkan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta perusahaan swasta besar yang ada di sini untuk membuat persemaian sehingga penghutanan kembali bisa berjalan dengan baik. Tadi saya sudah menyerahkan bantuan dari Kementerian Sosial bagi warga yang terdampak banjir” tambah Joko Widodo.

“Beginilah bentuk tanggul dari geotube yang diisi pasir yang dibangun di Kelurahan Ladang, Sintang yang saya tinjau siang tadi. Pembangunan tanggul ini adalah solusi jangka pendek untuk mengendalikan banjir di Kabupaten Sintang” terang Joko Widodo.

“Pemerintah juga akan melakukan sejumlah upaya antara lain penanaman kembali di Daerah Aliran Sungai maupun daerah tangkapan hujan di sekitar Sungai Kapuas dan Sungai Melawi” terang Joko Widodo.

“Dalam jangka menengah, pemerintah melalui Kementerian PUPR akan melakukan pengerukan danau dan penataan sistem pengaliran di Sungai Kapuas hingga menyusun rencana besar pengendalian banjir di wilayah Sungai Kapuas” tambah Joko Widodo.

“Adapun dalam jangka panjang, pemerintah akan membangun Bendungan Sungai Pinoh dan melakukan pemeliharaan berkala sungai dan danau di wilayah Sungai Kapuas” tambahnya