Lantik Bupati Melawi sebagai Kamabicab, Syarif Abdullah : Mari Bersinergi dengan Kwarcab

oleh -82 views
Bupati Melawi Dadi Sunarya UY jabat Kamabicab Kwarcab Gerakan Pramuka Melawi

MELAWINEWS.COM, Melawi – Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalbar, Syarif Abdullah Alkadrie melantik jajaran Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Melawi periode 2021-2026, Sabtu (20/11) di Graha Sukiman.

Ia pun berharap Mabicab dan Kwarcab bisa terus bersinergi agar mampu mendorong cita-cita gerakan Pramuka di Melawi semakin baik.

Dalam pelantikan ini, Bupati Melawi, Dadi Sunarya UY didaulat sebagai Kamabicab bersama Wakil Bupati Melawi Kluisen yang menjabat Wakil Ketua Mabicab dan Ketua DPRD Melawi sebagai Ketua Harian.

Syarif Abdullah dalam sambutannya mengatakan Pramuka merupakan wadah pendidikan luar sekolah dan luar keluarga dengan prinsip dasar kepramukaan.

“Tujuan gerakan Pramuka membangun mental,moral spiritual, intelektual dan fisiknya sehingga menjadi manusia yang beriman dan berwatak berbudi luhur dan berjiwa Pancasila,” katanya.

Gerakan Pramuka kata Syarif juga menjadi wahana pendidikan karakter. Ini menjadi hal penting di masa kiji mengingat jiwa nasionalisme kalangan muda mulai terkikis. Peran Pramuka untuk meningkatkan mendidik dan membangun karakter yang pancasilais.

“Pramuka sebagai garda terdepan. Wahana untuk berkumpul bersama, tidak melihat sekat dan baju,” ujarnya

Syarif Abdullah berharap Mabicab dan kwarcab semakin sinergi agar cita-cita gerakan Pramuka semakin baik di masyarakat. Tak hanya dikenal karena tepuk tangan, menyanyi atau baris berbaris.

“Saat terjadi bencana, saya melihat di posko kabupaten Sintang, baik dari Kapuas hulu hingga kwarda ikut membantu masyarakat terdampak banjir. Hal semacam ini sangat baik,” katanya.

Dalam pelantikan tersebut, Syarif Abdullah, turut mengirim surah Al Fatihah pada ketua kwarcab sebelumnya, almarhum Abang Tajudin telah berpulang sebelum masa baktinya selesai. Dia turut berharap semoga gerakan Pramuka Melawi, kwarcabnya menjadi partner Kamabicab untuk menjalankan roda organisasi gerakan Pramuka.

“Diharapkan juga kedepan kwarcab bisa punya bumi perkemahan,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Melawi, Dadi Sunarya saat membuka Muscab IV Gerakan Pramuka Kwarcab Melawi menyampaikan keberadaan gerakan pramuka sebagai gerakan pendidikan non formal harus mampu memberikan pengaruh dan dampak positif kepada generasi muda sehingga diharapkan kiprahnya menjadi barometer sebagai pembina generasi muda diluar pendidikan formal.

“saya akan berusaha selaku Majelis Pembimbing Kabupaten Melawi akan memberikan dukungan untuk pengembangan dan pembinaan pramuka yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Kabupaten Melawi,” ujarnya.

Dadi berharap berharap musyawarah cabang ini sebagai tonggak awal kepengurusan, nantinya akan mampu menciptakan kader pembina pramuka yang siap menghadapi tantangan untuk memberikan bimbingan, pengayoman dan memandu para generasi muda, agar bisa menjadi generasi muda yang cerdas, mandiri, kreatif, dan inovatif.