Jembatan Rusak hingga Longsor di Bukit Dolek, Akses ke Langan dan Balai Agas Terputus

oleh -201 views

MELAWINEWS.COM, Melawi – Tingginya intensitas hujan memunculkan bencana di sejumlah ruas di Kecamatan Belimbing. Diantaranya putusnya jembatan di Palus Hulu Desa Langan, Senin (18/10) kemarin. Tak hanya itu, Bukit Dolek juga mengalami longsor sehingga menutup akses jalan menuju Langan serta Balai Agas.

Hal tersebut diinfokan kepala SMPN 05 Satap Belimbing, Ahmad Subekti. Ia mengungkapkan, kondisi longsor serta terputusnya jembatan terjadi setelah hujan deras yang mengguyur wilayah Belimbing dua malam berturut-turut.

“Malam Senin hujan deras di wilayah Langan menjadi salah satu penyebab terjadinya longsor di Bukit Dolek. Sehingga saat ini akses jalan juga ikut lumpuh. Sementara jembatan di Palus Hulu, Desa Langan juga rusak,” paparnya.

jembatan yang putus akibat banjir

Akibatnya, kata Ahmad, akses transportasi ke desa di ujung Kecamatan Belimbing saat ini ikut lumpuh. Ia menyampaikan setidaknya delapan dusun di Desa Langan dan Balai Agas ikut terdampak bencana tersebut.

Terpisah, tokoh masyarakat Belimbing, Pose berharap pemerintah bisa segera mengambil langkah agar akses jalan menuju Langan dan Balai Agas bisa kembali dilalui. Mengingat ruas jalan yang tertimbun longsor serta jembatan yang rusak menjadi akses utama bagi masyarakat di hulu Belimbing.

“Ini fenomena alam yang menyebabkan jalan longsor, jembatan putus dan perekonomian lumpuh. Mudah mudahan Pemda Melawi bisa segera mengambil langkah,” harapnya.