Banjir Rendam Sejumlah Desa di Ella Hilir

oleh -173 views
Banjir yang merendam pemukiman di Desa Domet Permai, Kecamatan Ella Hilir. meluapnya sungai Melawi membuat air naik hingga atap rumah.

MELAWINEWS.COM, Melawi – Debit air terus meningkat di kecamatan Ella Hilir. Sejumlah pemukiman warga hingga akses jalan poros ikut terendam. Air yang tinggi bahkan merendam rumah hingga hanya menyisakan atap saja.

Kapolsek Ella Hilir, Iptu Widaya, Senin (4/10) mengatakan banjir akibat meluapnya Sungai Melawi membuat desa-desa di tepian sungai terendam. Desa yang terdampak diantaranya Nanga Muak, Domet Permai, Popai, Nanga Ella dan Pelempai Jaya serta Lengkong Nyadom.

“Air naik cukup tinggi. Untuk rumah yang hanya satu tingkat bahkan ada yang tinggal atap karena berada di daerah yang rendah,” katanya.

Kapolsek pun mengimbau masyarakat untuk waspada dan berhati-hati, mengingat potensi air naik masih cukup tinggi karena banjir masih melanda wilayah hulu seperti Menukung.

Akibat banjir, banyak masyarakat yang tak bisa beraktivitas seperti biasa. Bahkan beberapa diantara masih bertahan di rumah, untuk menjaga harta bendanya. Salah satu warga Ella Hilir, Matsari mengatakan ketinggian air masih terus naik.

“Banyak yang di dalam rumah sudah sampai selutut. Bahkan ada yang sudah tenggelam habis. Tinggal lantai dua,” katanya