Berkah Banjir, Jasa Perahu Laris Manis Angkut Warga di Pasar Nanga Pinoh

oleh -337 views
Banjir yang merendam pasar Kota Nanga Pinoh, ternyata membawa berkah bagi warga memanfaatkan jasa perahu

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Banjir yang merendam beberapa wilayah di Kabupaten Melawi, ternyata membawa berkah bagi sebagian warga.

Seperti banjir yang melanda di pasar Kota Nanga Pinoh, sejumlah warga memanfaatkan jasa perahu untuk bepergian dan beraktivitas jual beli ke pasar.

Pantauan media ini, Minggu (5/9/2921) pagi, luapan Sungai Melawi dan Sungai Pinoh merendam pasar pantai dan pasar tradisional hingga toko dan pemukiman serta jalan penghubung antar pasar di Kota Nanga Pinoh. Akibatnya, sejumlah jalan terputus karena terendam air setinggi 40-50 centi meter.

Untuk membantu warga, kini bermunculan jasa angkutan perahu yang sangat membantu warga. Penyedia jasa perahu ini pun mengaku bisa meraup keuntungan hingga Rp 500 ribu setiap hari.

Nawawi, seorang tukang jasa perahu mengatakan, perahunya sangat membantu aktivitas warga yang ingin berpergian atau berbelanja di pasar. Sebab, kendaraan roda empat maupun maupun roda dua hari ini sudah tidak bisa melintas karena jalan tergenang air, khususnya pasar pantai.

Nawawi mengaku, bencana banjir tersebut menjadi berkah untuk mereka tukang jasa perahu.

“Kemarin saya dapat mengumpulkan uang hingga 500 ribu, kalau Minggu pagi ini baru mendapat kisaran 200 ribu. Mudah-mudahan hingga sore nanti tercapai mengumpulkan Rp 500 ribu,” kata Nawawi, Minggu (5/9/2021).

Dia menyebut, selain mengangkut warga, perahunya juga mengangkut sepeda motor. Untuk tarif, kata dia, bervariasi tergantung jauh dekat tujuan.

“Ya paling besar sekali angkut roda dua kisaran Rp 20.000 – Rp 30.000, sedangkan untuk penumpang orang kisaran Rp 10.000 per orang,” ujar Nawawi.

Menurutnya, sekali keberangkatan membawa orang, perahunya bisa menampung 8 sampai 10 orang, dan selama dua hari banjir melanda pasar Nanga Pinoh diakuinya, bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.