Pemkab Melawi Tetap Gelar Pengibaran dan Penurunan Bendera, Peserta Terbatas

oleh -78 views
Persiapan upacara HUT Proklamasi RI ke-76 di halaman Kantor Bupati Melawi

MELAWINEWS.COM, Melawi – Upacara Peringatan HUT Republik Indonesia ke 76 tetap akan digelar oleh Pemkab Melawi pada Selasa (17/8) esok. Pengibaran dan penurunan bendera merah putih direncanakan digelar di Halaman Kantor Bupati Melawi namun dengan dengan jumlah peserta yang terbatas mengingat masih berada dalam pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Sekda Melawi, Paulus, Senin (16/8). Ia mengungkapkan peringatan HUT RI digelar sederhana dan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

“Upacara pengibaran bendera merah putih digelar pada Selasa (17/8) pagi pukul 7.30 WIB. Hanya peserta upacara terbatas, 40 orang dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub,”katanya.

Sementara undangan untuk upacara HUT RI juga dibatasi hanya pada Forkopimda, kepala instansi vertikal serta kepala OPD saja. Paulus juga mengungkapkan dalam upacara pengibaran dan penurunan juga tidak ada paduan suara atau pasukan pengibar.

“Pengibar bendera hanya tiga orang dari Purna Paskibra Indonesia. Sedangkan paduan suara juga tidak ada. Lagu Indonesia Raya diputar lewat kaset,”paparnya.

Usai upacara pengibaran, dijadwalkan Bupati dan wakil bupati serta Forkopimda mengikuti upacara detik-detik proklamasi dari Istana Merdeka Jakarta secara virtual. Sedangkan, sore hari juga digelar upacara penurunan bendera dengan peserta yang terbatas juga.

Paulus tidak menjelaskan secara detail tidak adanya diklat atau seleksi anggota paskibra 2021 untuk mengibarkan bendera dalam upacara HUT RI ke 76. Walau di kabupaten lainnya masih tetap melakukan seleksi serta Diklat paskibra.

“Menyesuaikan kondisi masing-masing daerah,”jelasnya singkat.

Kabid Pemuda Disporapar Melawi, Eka Candra mengatakan pada tahun ini memang tidak ada rekrutmen pasukan pengibar bendera seperti yang dilakukan di tahun-tahun sebelumnya.

“Hanya kita ada mengirim perwakilan Melawi untuk Paskibra tingkat Provinsi Kalbar dari SMA 2 Nanga Pinoh, satu putra dan satu putri,”katanya.