Ibnu Taimiyyah Gelar Salat Idul Adha Dengan Protokol Kesehatan

oleh -68 views
Pelaksanaan salat idul adha di masjid Ibnu Taimiyyah Nanga Pinoh

MELAWINEWS.COM, Ratusan jamaah mengikuti pelaksanaan salat idul adha di masjid Ibnu Taimiyyah km 2 Nanga Pinoh pada Selasa (20/7), salat id dilaksanakan dengan cara menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid 19.

Sebelum masuk masjid jamaah diwajibkan untuk memeriksa suhu tubuh, pengurus masjid menyediakan alat pengecekan suhu di pintu masuk. Selain itu jamaah juga diwajibkan memakai masker, dan menjaga jarak.

“Awalnya kegiatan salat id akan dilaksanakan di lapangan, namun karena ada edaran dari pemerintah maka salat id kita laksanakan di masjid, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid 19,” kata ketua masjid Ibnu Taimiyyah H. M. Aidin.

Pengurus masjid Ibnu Taimiyyah Arif Santoso menambahkan, untuk menghindari kontak langsung anntar jamaah, maka selesai salat id jamaah juga dihimbau tidak melakukan salam-salaman, cukup hanya dengan isyarat saja.

Dalam kesempatan itu Arif juga menyampaikan, pada lebaran haji kali ini pengurus masjid Ibnu Taimiyyah akan memotong hewan kurban, sapi sebanyak 5 ekor dan kambing sebanyak 15 ekor.

“Rencananya hewan kurban akan dipotong pada besok tanggal 21, Guna mencegah terjadinya kerumunan maka jamaah tidak perlu datang kemari, insya Allah nanti kami panitia yang akan mengurusnya, memotong kemudian mendistribusikannya,” kata Arif.

Bertindak sebagai iman, adalah ustaz muda asal Nanga Kebebu, Ustaz Ade Dinato, sedangkan kutbah idul adha disampaikan oleh Ir. Nahru. Dalam kesempatan tersebut Ir Nahru menyampaikan makna dari idul adha di masa pandemi.