Nanga Ella Hilir Tuntaskan Pemutakhiran Data Berbasis SDGs Desa

oleh -123 views
Musdessus penetapan hasil Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun berbasis SDGs Desa Pemdes Nanga Ella Hilir

MELAWINEWS.COM, ELLA HILIR – Pemerintah Desa (Pemdes) Nanga Ella Hilir, Kecamatan Ella Hilir, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, telah menyelesaikan Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun berbasis Sustainable Devolepment Goals Desa (SDGs Desa) 2021 yang ditandai dengan pelaksanaan Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) pada Selasa (22/6/2021) di aula desa setempat.

Jalannya Musdessus tersebut dihadiri langsung oleh Kapolsek, Danramil, Kepala Desa, BPD, Pendamping Desa, Tenaga Ahli Kabupaten, Pokja Relawan Pendataan SDGs Desa dan sejumlah unsur terkait lainnya dilingkup Pemdes Nanga Ella Hilir.

Kepala Desa Nanga Ella Hilir, Budiono, mengatakan, Pemdes Nanga Ella Hilir melibatkan sejumlah kusioner dari warga desa setempat yang bertugas melakukan pendataan desa, RT, Kepala Keluarga, individu dan pendataan bidang lainnya.

Dikatakan Budiono, selama kurang lebih dua bulan para kusioner yang masuk dalam pokja relawan pendataan SDGs bekerja keras melakukan pendataan dengan mendatangi rumah warga. Hingga akhirnya Desa Nanga Ella Hilir menyelesaikan pendataan SDGs ini.

“Dari hasil pendataan yang telah dilakukan para kusioner, selanjutnya menyepakati dan menetapkan hasil pemutakhiran data desa melalui Musdessus,” kata Budiono dalam sambutannya di kegiatan itu.

Kedepan, kata Budiono, melalui data SDGs Desa, maka desa akan lebih mudah menentukan masalah dan potensi desa secara berkelanjutan, sehingga penggunaan anggaran desa dapat dialokasikan untuk menyelesaikan persoalan desa dengan tepat sasaran.

“Selanjutnya hasil pendataan SDGs Desa ini akan menjadi acuan sebagai basis data desa untuk dijadikan landasan perencanaan pembangunan desa. Penetapan SDGs Desa menjadi dasar RKPDes tahun berikutnya,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua Tim Relawan Pokja Pemutahiran Data SDGs Desa Nanga Ella Hilir, Ridho M. Rizal menyampaikan, Pokja Relawan SDGs Desa telah menyelesaikan, diantaranya survey desa, survey RT, survey keluarga hingga survey individu.

Lebih lanjut disampaikan Ridho, dari data dilapangan, didapatkan hasil jumlah individu sebanyak 1.646 jiwa yang merupakan penduduk bermukim di Desa Nanga Ella Hilir tersebar di 16 RT. Sedangkan jumlah keluarga yang di data sebanyak 505 keluarga.

Ridho menyampaikan apresiasi kepada tim pokja yang telah bekerja keras menyelesaikan pendataan tepat waktu.

Dia pun berpesan kepada Pemdes Nanga Ella Hilir agar memelihara, menjaga, mengembangkan dan menganalisa data tersebut untuk kebutuhan pembangunan desa.

“Data ini penting untuk desa agar terus dijaga dan dipelihara serta dianalisa sebagai bahan perencanaan pembangunan desa. Selanjutnya hasil SDGs Desa ini tinggal melaporkan hasil kegiatan kepada Kementerian Desa PDTT sebagai laporan kegiatan,” tutupnya.