Tak Kunjung Diperhatikan Pemerintah, Jalan Nasional Berlubang Ditambal Warga

oleh -508 views
Jalan Nasional berlubang belum diperhatikan pemerintah, untuk mengantisipasi kecelakaan, warga berinisiatif menambal lubang seadanya

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Dianggap membahayakan pengendara jalan, warga menambal jalan berlubang yang berada di Jalan Nasional kawasan Desa Sidomulyo, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, Kamis (27/5/2021).

Lantaran tak kunjung diperhatikan pemerintah, warga sekitar menutup lubang menggunakan pasir dan semen seadanya, sebelum diperbaiki dengan aspal yang layak oleh pemerintah.

Menurut salah seorang warga, Asun, mengatakan, jalan berlubang sudah terjadi sekitar dua tahun, namun hingga kini tak ada perhatian pemerintah untuk memperbaiki.

“Akibat jalan berstatus nasional yang berlubang ini mempersulit akses kendaraan yang melintas. Ini inisiatif warga secara mendadak, sejumlah kendaraan roda dua sudah sering terjatuh, terlebih saat di musim hujan, lantaran lubang tergenang air,” kata Asun.

Salah satu warga, Asun, memantau penambalan jalan berlubang
Menurutnya, ada dua titik lubang jalan yang ditambal, satu titik lebar sekitar satu setengah meter dan kedalaman 20 centimeter dan satu titik lebar sekitar 70 centimeter kedalaman 10 centimeter.

Dia menjelaskan, lubang ini terus menerus tergerus roda kendaraan. Posisi lubang yang ada di badan jalan, sehingga membahayakan pengguna jalan, terutama pengendara sepeda motor.

“Kami merasa kasihan dengan pengendara motor yang sudah sering terjatuh. Mungkin apa yang kami lakukan, tidak bisa maksimal, tapi setidaknya lubang jalan itu sudah tidak lagi membahayakan pengguna jalan untuk sementara ini,” imbuh Asun.

Warga sekitar lainnya, Purwanto, berharap, agar pemerintah bisa lebih memperhatikan kondisi jalan yang berlubang, khususnya Jalan Nasional.