Siapkan Tenaga Relawan, Desa Nanga Ella Hilir Gelar Pembekalan Pokja SDGs Desa

oleh -8 views
Pemerintah Desa Nanga Ella Hilir memberikan pembekalan materi mengenai mekanisme pendataan yang akan berjalan kepada tim pokja relawan SDGs Desa

MELAWINEWS.COM, ELLA HILIR – Dalam rangka untuk mensukseskan pendataan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa, Pemerintah Desa Nanga Ella Hilir, Kecamatan Ella Hilir, Kabupaten Melawi, memberikan pembekalan materi mengenai mekanisme pendataan yang akan berjalan.

Acara yang diikuti oleh tim kelompok kerja (pokja) relawan pendataan desa mengikuti protokol kesehatan tersebut, dilaksanakan di Aula Kantor Desa Nanga Ella Hilir, Senin (26/4). Pemateri dilakoni Pendamping Desa setempat.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Nanga Ella Hilir, Budiono, menyampaikan harapannya pada pendata dalam melakukan pendataan.

“Hasil data diharapkan sesuai dengan kondisi dan realita yang ada di lapangan, agar nantinya menjadi bahan untuk membangun desa lebih baik lagi,” tuturnya.

Dia menjelaskan, SDGs Desa merupakan model pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021. Dalam hal ini Desa menuju tanpa kemiskinan, ekonomi tumbuh merata, peduli kesehatan, dan mewujudkan kesejahteraan warga bidang lainnya dalam percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Setelah kegiatan pembekalan materi yang disampaikan oleh narasumber, tim pokja relawan dapat memahami dan mampu mengaplikasikan dilapangan sesuai tugas yang di emban masing-masing peserta dengan melakukan pendataan langsung ke rumah warga yang ada di Desa Nanga Ella Hilir dan data yang diperoleh dapat disajikan sesuai harapan dan bermanfaat sesuai harapan,” ujar Budiono.

Dikesempatan itu, Budiono meminta kepada semua elemen masyarakat yang terlibat, mendukung pelaksanaan pendataan SDGs Desa Nanga Ella Hilir.

“Masyarakat dapat memberikan dukungan dengan memberikan data yang sebenarnya kepada petugas, sehingga kegiatan pendataan dapat berjalan baik, sebagai acuan pembangunan berkelanjutan,” pungkas Budiono.