Jembatan Gantung Tanjung Kelampuk Putus

oleh -40 views
Jembatan Gantung Tanjung Kelampuk yang terputus membuat masyarakat tak bisa melintas

MELAWINEWS.COM, Melawi – Jembatan Gantung yang terletak di Dusun Tanjung Kelampuk Desa, Desa Pelita Jaya, Kecamatan Tanah Pinoh Barat, putus, Rabu (31/3) sore. Jembatan penghubung antar desa di hulu kabupaten Melawi inipun tak bisa dilalui masyarakat setempat sementara waktu.

Informasi putusnya, jembatan ini beredar di sejumlah media sosial. Warga asal Tanah Pinoh Barat, Ahmad Khoiri mengungkapkan dari informasi yang ia dapatkan, jembatan putus pada Rabu sore saat hujan dan angin kuat menerpa wilayah tersebut.

“Selain memang jembatan ini sudah cukup tua. Tapi banyak masyarakat yang melintasi jembatan tersebut,” paparnya.

Khoiri menuturkan, jembatan Tanjung Kelampuk menghubungkan beberapa desa di wilayah Kecamatan Tanah Pinoh Barat. Yakni Desa Bukit Raya dengan Desa Pelita Jaya dan menjadi akses menuju ke pusat kecamatan Tanah Pinoh Barat maupun Pasar Kotabaru di Kecamatan Tanah Pinoh.

“Sebelum putus, masih ramai masyarakat yang menggunakan jembatan ini. Aksesnya cukup penting bagi masyarakat dua desa,” tuturnya.

Khoiri yang biasa pulang ke kampungnya di Kancong kerap melewati jembatan ini. Menurutnya akses jalan melalui jembatan ini bisa lebih cepat, sekitar satu jam saja antara Desa Bukit Raya dan Pelita Jaya. Namun bila putus, masyarakat terpaksa harus memutar lebih jauh lewat jalan PT Adau.

“Kondisi sebelum putus memang sudah mulai reot. Goyangnya juga cukup kuat,” paparnya.

Ia mengungkapkan belum mengetahui apakah ada korban jiwa dalam putusnya jembatan gantung ini. Ia pun berharap, pemerintah kecamatan atau kabupaten bisa segera memperbaiki jembatan ini.

“Karena banyak masyarakat yang menggunakan jembatan gantung ini setiap hari,” pungkasnya.