Bupati Melawi: Peringatan Isra Mi’raj Dapat Meningkatkan Kualitas Iman

oleh -14 views
Masyarakat tampak antusias menghadiri peringatan Isra Mi'raj meski tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi menggelar peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1442 H tahun 2021.

Kegiatan yang mengangkat tema “Jadikan Sholat dan Sedekah Titik Awal Kebangkitan dan Perubahan” tersebut diselenggarakan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi, Senin (15/3) malam.

Hadir sebagai penceramah Ustadz Luqmanul Hakim, Pimpinan Pondok Madera Munzalan Mubarakan Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

Masyarakat tampak sangat antusias dan bersemangat menghadiri peringatan Isra Mi’raj tersebut meski tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Dalam sambutannya, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya UY, menyampaikan momentum memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW adalah mengingatkan umat muslim agar senantiasa Istiqomah untuk beribadah kepada Allah SWT.

Lebih lanjut disampaikan bupati, peringatan Isra Mi’raj ini bukanlah sekedar seremonial semata, melainkan suatu peristiwa penting penuh makna bagi seluruh umat Islam di seluruh belahan dunia, dikarenakan hal tersebut merupakan suatu peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW bertemu Allah SWT ke Sidratul Muntaha atau langit ketujuh yang sekaligus menerima perintah sholat wajib 5 waktu.

Bupati berharap, dengan peringatan Isra Mi’raj ini dapat lebih meningkatkan kualitas iman pada Allah SWT untuk menjadi insan yang bertaqwa, melalui ibadah sholat dan ibadah-ibadah pokok lainnya, juga dalam menjalin hubungan sosial dengan sesamanya, dalam nuansa yang penuh akhlakul karimah.

Pada kesempatan itu, bupati mengajak seluruh masyarakat melalui peringatan Isra Mi’raj untuk lebih giat dan istiqomah menjalankan ibadah Sholat. ”Inilah perintah yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW saat Mi’raj menemui Allah SWT,” ujar bupati.

Sementara itu, Ustadz Luqmanul Hakim, yang menyampaikan hikmah Isra Mi’raj mengatakan, bahwa Isra Mi’raj merupakan salah satu momentum dimana Allah SWT menegaskan kebesaran-Nya dengan memperjalankan Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Masjidil Aqsa hingga Mi’raj naik ke langit ke tujuh bertemu Allah SWT hanya dalam waktu 1 malam saja.

Tak hanya menyampaikan hikmah Isra Mi’raj, Ustadz Lukmanul Hakim juga tausiyah mengenai keutamaan sholat dan bersedekah.