Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris, Kampung Inggris Melawi Gelar Konfidence Show

oleh -57 views
Bunda PAUD Melawi, Raisya Sabrina foto bersama dengan peserta didik Konfidence Show
Pimpinan lembaga kursus Mr. Einstein Kampung Inggris Melawi, Fahmi Muharram

MELAWINEWS.COM, MELAWI, Lembaga kursus bahasa inggris Mr. Einstein Kampung Inggris Kabupaten Melawi, menyelenggarakan Konfidence Show 3.0 di Cafe H&C Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat, Minggu (14/3).

Kegiatan tersebut antara lain dihadiri Bunda PAUD Kabupaten Melawi, Raisya Sabrina, Kepala Desa  Paal, orang tua siswa siswi dan sejumlah undangan umum lainnya.

Pantauan media ini, kegiatan berhasil memukau publik dengan penampilan unik berbahasa Inggris dari peserta didik, seperti berpidato, membaca puisi dan bercerita hingga menari.

Pimpinan Mr. Einstein Kampung Inggris Melawi, Fahmi Muharram, menyampaikan, berbagai kegiatan yang diselenggarakan dalam Konfidence Show itu diantaranya pidato, pembacaan puisi, drama, paduan suara, menari, bercerita dan sejumlah kegiatan lainnya.

Fahmi menjelaskan, semua kegiatan yang ditampilkan anak-anak dilakoni dengan berbahasa Inggris

Lebih lanjut dikatakan Fahmi, kegiatan tersebut merupakan acara rutinitas yang digelar dalam setiap tiga bulan satu kali. Sedangkan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris bagi peserta didik. Sehingga peserta didik selalu terbiasa dengan bahasa Inggris di kesehariannya dan semakin percaya diri tampil dihadapan publik.

Dia menjelaskan, lembaga ini memulai programnya di Kabupaten Melawi sejak tahun 2020, berlokasi di Jalan Provinsi Nanga Pinoh-Kota Baru KM 4, Desa Paal, Gang Awang Sumito, Kecamatan Nanga Pinoh, Melawi (samping Pendopo Bupati Melawi).

Menurutnya, lembaga ini di dukung empat orang tenaga pengajar yang langsung didatangkan dari Pulau Jawa. Sedangkan peserta didik yang ada hingga kini sekitar 70 orang dari berbagai usia mulai dari tingkat SD, SMP dan dewasa. Untuk proses belajar mengajar diselenggarakan setiap hari dari siang sampai sore.

Sementara itu, Bunda PAUD Kabupaten Melawi, Raisya Sabrina, mengharapkan Kabupaten Melawi bisa menjadi salah satu daerah yang menjadi rujukan bagi siapapun untuk belajar bahasa Inggris dengan baik.

Raisya mengaku merasa kaget, lantaran sebelumnya belum mengetahui sudah ada kampung Inggris di Melawi, melalui lembaga kursus Mr. Eistein. Dikatakan, ia mengetahuinya setelah menerima undangan untuk menghadiri kegiatan tersebut

Ia pun menuturkan, sangat mendukung kegiatan Konfidence Show berbahasa Inggris tersebut. Karena bantuan paling bermanfaat bagi masyarakat sesungguhnya adalah ilmu pengetahuan.

Kegiatan seperti ini, lanjut Raisya, tentunya harus didukung, dan kalau bisa semakin banyak anak-anak yang dapat belajar bahasa Inggris dan terlibat kegiatan seperti ini, agar generasi muda Melawi terbiasa tampil di depan umum berbahasa Inggris.

“Selain menambah pengalaman, unjuk kemampuan seperti ini dapat memperluas wawasan dan percaya diri anak-anak didepan orang ramai,” kata Ketua TP PKK Kabupaten Melawi itu.

Raisya juga memberikan motivasi kepada para peserta didik. Dia menyebut dengan mengikuti kegiatan Konfidence Show ini dapat menambah pengalaman dan kemampuan khususnya para generasi penerus bangsa.

“Dengan berani mengikuti kegiatan ini, percayalah kemampuan dan keberanian dalam berbahasa Inggris akan lebih meningkat. Dengan adanya event seperti ini bagi publik, dapat menginspirasi dan membangun rasa percaya diri anak-anak dan remaja untuk mengekspresikan diri sekaligus melatih kemampuan bahasa Inggris mereka,” tuturnya.

Kedepan, kata Raisya, pihaknya melalui TP PKK bisa bekerjasama dengan lembaga kursus ini dalam mengembangkan potensi bakat anak-anak berbahasa Inggris melalui kombinasi program kerja bidang pendidikan PKK.

“Harapannnya kedepannya, agar bahasa Inggris di Melawi ini semakin eksis, dan dapat seperti kampung Inggris di Kediri. Bahasa inggris harus jadi bahasa sehari-hari, sehingga anak-anak Melawi maju dalam berbahasa Inggris khususnya,” pungkas istri Bupati Melawi itu.