Sikapi Pandemi, GMNI Melawi Gelar Seminar Pemuda Peduli Covid-19

oleh -18 views
Foto bersama usai gelar pembukaan

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Penyebaran virus Covid-19 menjadi kegelisahan dan kekhawatiran banyak kalangan,  terkhusus di Kabupaten Melawi, Provinsi Kalbar.

Peran kaum muda pun penting dan diharapkan bisa aktif memastikan advokasi yang memiliki jangkauan luas dan sumber daya potensial untuk mendorong kebijakan yang efektif dalam memastikan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Untuk mendorong peran kaum muda ini, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kabupaten Melawi mengelar Seminar Pemuda Peduli Covid-19, bertempat disalah satu cafe di Kota Nanga Pinoh, Jum’at (26/2/2021).

Kegiatan tersebut dibuka Asisten Administrasi dan Umum Setda Melawi, Marsidi, dihadiri Kasat Binmas Polres Melawi, Iptu Haryono. Sedangkan pemateri dilakoni Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Melawi, Gunadi Linoh, dan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Melawi, Martinus.

Peserta seminar mengikuti protokol kesehatan itu diantaranya melibatkan HMI, PMII, PMKRI, GABSIDO dan sejumlah ormas kepemudaan lainnya dilingkup Pemkab Melawi.

Ketua penyelenggara seminar, Ikhsan Susiandi, dalam laporannya menyampaikan tujuan dari kegiatan antara lain meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya kegiatan vaksinasi covid-19, sebagai sarana untuk menginformasikan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan dikalangan masyarakat dan memberikan informasi yang valid tentang kegiatan vaksinasi.

Sementara itu Ketua DPC GMNI Kabupaten Melawi, Dermawansyah, mengatakan, meskipun sudah dilaksanakan vaksinasi, Dia mengajak semua elemen masyarakat untuk mensukseskan program tersebut sebagai salah satu upaya pencegahan penularan Covid-19.

Menurutnya, banyak berita hoaks terkait efek samping yang ditimbulkan pasca pelaksanaan vaksinasi.

“Melalui seminar ini kami mengajak masyarakat, terkhusus para peserta seminar untuk mensosialisasikan dan mengkampanyekan program vaksinasi yang telah dicanangkan pemerintah untuk melindungi masyarakat terhadap ancaman penularan Covid-19,” ajaknya.

Asisten Administrasi dan Umum Setda Melawi, Marsidi, saat membuka kegiatan itu mengucapakan terima kasih dan apresiasi, bahwa seminar-seminar seperti ini amat sangat penting.

Marsidi menyatakan, secara pribadi dan atas nama pemerintah sangat mendukung gerakan yang dipelopori oleh gerakan GMNI ini.

“Saya berharap, kegiatan Ini dapat menjadi stimulus bagi pemuda-pemudi Indonesia khususnya Kabupaten Melawi dan segenap lapisan masyarakat untuk bisa bergerak bersama peduli wabah Covid-19. Caranya dengan melakukan hal-hal yang sederhana namun berdampak bagi masyarakat, seperti pelaksanaan seminar ini,” ujar Marsidi.