Sosialisasi PMKRI Cabang Melawi, Bijak Bermedsos Hindari Isu SARA

oleh
Sosialisasi PMKRI Cabang Melawi dengan tema bijak menggunakan media sosial

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH-Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Melawi menggelar sosialisasi dengan Tema Bijak menggunakan media social, di aula hotel Rajawali Nanga Pinoh Sabtu (20/2).

Kegiatan yang dibuka oleh kepala dinas Arpusda Kabupaten Melawi, Paulus tersebut diikuti oleh sejumlah organisasi mahasiswa di Kabupaten Melawi, antara lain, HMI komisariat STKIP Melawi, PMII Melawi, Pemuda Pancasila, GMNI.

Dalam kesempatan tersebut, Palus, mengajak kepada masyarakat kabupaten Melawi, khususnya kalangan anak muda agar bijak dalam menggunakan media social, sehingga tidak menimbulkan persoalan yang akan sampai ke ranah hukum.

“Pertama gunakan media social untuk hal-hal yang bersifat postif, cermati konten yang akan ditulis atau dishare, selalu cek kebenaran dan sumber informasi tersebut,” kata Paulus.

Selanjutnya Paulus juga berpesan agar masyarakat tidak menggunakan media social saat sedang dalam keadaan marah, sebab hal ini akan berdampak negative bagi penggunanya. Karena orang yang sudah dalam keadaan emosi biasanya tidak bisa mengendalikan ucapannya.

“Selalu hindari menggunakan media social disaat sedang dalam emosi dan mudah menimbulkan tindak irasional yang berpeluang terkena undang-undang ITE,’ tegasnya.

Dia juga mengajak agar media social tidak dipergunakan untuk hal-hal yang bisa menimbulkan gejolak di masyarakat dengan menyebar isu sara.
“Hindari isu SARA menjaga netralitas, dan gunakan media social dengan bijak,” katanya.

Selanjutnya dia berpesan kepada pengguna medsos agar, bisa menjaga atau melindungi akun medsos atau ruang publik yang menyebar data pribadi selalu fulgar, karena data tersebut akan sangat rentang dipergunakan untuk kepentingan tertentu oleh oknum tak bertanggung jawab
“Saya atas nama pemerintah kabupaten Melawi mengapreasi atas kegiatan yang dilakukan oleh PMKRI Kabupaten melawi sehingga pemuda di Kabupaten Melawi lebih bijak dalam menggunakan media social” katanya.